Penerapan Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa
Keywords:
Reward, Motivasi, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan reward dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) angkatan 2021 di IAI Sunan Kalijogo Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test, yang melibatkan 14 mahasiswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar yang diberikan sebelum dan setelah penerapan reward. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar mahasiswa setelah pemberian reward, baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Hal ini membuktikan bahwa pemberian reward dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. Reward yang digunakan dalam penelitian ini tidak terbatas pada bentuk fisik, namun juga mencakup bentuk non-fisik seperti pengakuan atau apresiasi, yang juga berkontribusi pada peningkatan motivasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reward perlu dipertimbangkan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini penting agar penerapan reward dapat berjalan efektif dan tidak menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran, namun lebih sebagai alat untuk mendorong mahasiswa agar lebih termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu, pemberian reward harus dilakukan dengan bijak untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan.
Downloads
References
Ekiz, Seda, and Zahitjan Kulmetov, ‘The Factors Affecting Learners’ Motivation in English Language Education’, Journal of Foreign Language Education and Technology, 1.1 (2016)
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa (Jawa Barat: Remaja Rosdakarya, 2016)
Meihana, Azizah, Vinnatha Syella Jd, Aulia Samiana, and Muhammad Noval Andrian, ‘Pengaruh Waktu Pemberian Penghargaan Terhadap Motivasi Instrinsik Anak’, Jurnal Psikologi Revolusioner, 8.6 (2024)
Salkind, Neil J, Encyclopedia of Educational Psychology (SAGE publications, 2008)
Sarah, Dinda May, Annisa Indah Vika Vika, Nurkhadizah Hasibuan, Mayang Sari Sipahutar, and Febri Elsa Manora Simamora, ‘Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.01 (2022)
Skinner, Burrhus Frederic, Science and Human Behavior (Simon and Schuster, 1965)
Sugiyono, D., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Retno Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.