Dampak Kecerdasan Emosional Terhadap Pengelolaan Konflik di Kalangan Anggota OSIS SMA Sederajat yang Berpartisipasi dalam Pelatihan di Tsot Outbound

Authors

  • Aris Setiawan Universitas Yudharta Pasuruan
  • Moh Handika Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

Manajemen Konflik, Kecerdasan emosional, TSOT Outbound

Abstract

Manajemen konflik dalam dunia pendidikan, adalah kumpulan tindakan dan reaksi yang dilakukan oleh orang dalam dan orang luar ketika mereka terlibat dalam konflik yang ditangani dengan baik untuk menghasilkan lingkungan sekolah yang damai. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa gagal mengelola konflik, yang menyebabkan banyak kasus kekerasan di sekolah. Beberapa siswa masih gagal memahami dan menerapkan manajemen konflik, seperti yang terjadi di TSOT Outbound. Kecerdasan emosional adalah aspek yang mempengaruhi cara siswa menangani konflik. Akan tetapi, kontradiksi sering terjadi di lapangan, terutama di lingkungan TSOT Outbound. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosional mempengaruhi manajemen konflik pada anggota OSIS SMA Sederajat yang mengikuti pelatihan TSOT Outbound. Dengan populasi 280 siswa dan sampel 165 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bagaimana menangani konflik. Lebih khusus lagi, ada korelasi positif antara kecerdasan emosional dan manajemen konflik. Dengan kata lain, siswa yang tidak terlibat dalam TSOT memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menangani konflik dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AGUSTIN, MONIKA. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA,” n.d.

Albi Anggito, Johan Setiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Anggraini, Ira Novri, and Kusumasari Kartika Hima Damayanti. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap School Burnout Siswa Di SMA Muhammadiyah 8 Palembang.” Journal of Psychology Students 3, no. 2 (2024): 79–89.

Batterton, Katherine A, and Kimberly N Hale. “The Likert Scale What It Is and How To Use It.” Phalanx 50, no. 2 (2017): 32–39. http://www.jstor.org/stable/26296382.

Bukkapatnam, Ravindra. Impact Of Self-Efficacy And Emotional Intelligence On Conflict Handling Intensions, Decision Making Styles And Personal Strain Among Managerial Level Employees In Different Organizations. BFC Publications, 2023.

Goleman, Daniel. Leadership: The Power of Emotional Intelligence. More Than Sound LLC, 2021.

Gómez-Leal, Raquel, Allison A Holzer, Christina Bradley, Pablo Fernández-Berrocal, and Janet Patti. “The Relationship between Emotional Intelligence and Leadership in School Leaders: A Systematic Review.” Cambridge Journal of Education 52, no. 1 (2022): 1–21.

Hidayah, Bidayatul, Amarina Ashar Ariyanto, and Sugeng Hariyadi. “Apakah Emotional Intelligence Dipengaruhi Gender?: Analisis Perbedaan Kecerdasan Emosi Kaitannya Dengan Manajemen Konflik Suami-Istri Dalam Masa Kritis Perkawinan.” Jurnal Psikologi Udayana 7, no. 2 (2020): 43–51.

INAYATI, SHOFIA. “HUBUNGAN ANTARA KECERDSAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATION TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BAURENO.” Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 2023.

Jordan, Peter J, and Ashlea C Troth. “Managing Emotions during Team Problem Solving: Emotional Intelligence and Conflict Resolution.” In Emotion and Performance, 195–218. CRC Press, 2021.

Leo, Giovanni Di, and Francesco Sardanelli. “Statistical Significance: P Value, 0.05 Threshold, and Applications to Radiomics—Reasons for a Conservative Approach.” European Radiology Experimental 4 (2020): 1–8.

Martínez-Marín, María Dolores, Carmen Martínez, and Consuelo Paterna. “Gendered Self-Concept and Gender as Predictors of Emotional Intelligence: A Comparison through of Age.” Current Psychology 40, no. 9 (2021): 4205–18.

Mukhlisa, Putri, Sindi Yohenda, Ulfa Yanti, and Linda Yarni. “Kecerdasan Emosional/Emotional Intelligence (EQ).” Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora 2, no. 1 (2024): 115–27.

PPA, ANALISIS FREKUENSI BERDASARKAN DATA SIMFONI, EKLESIA PUTRI DODA, and UIVERSITAS S A M RATULANGI. “LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA 8 JULI–2 AGUSTUS 2024,” n.d.

Putra, Surya Kusuma Arief, and Andun Sudijandoko. “Motivasi Olahraga Rekreasi Pada Peserta TSOT Outbound.” Jurnal Kesehatan Olahraga 8, no. 2 (2020).

Rahayu, Sri. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 2, no. 2 (2024): 254–61.

Rahim, M Afzalur. Managing Conflict in Organizations. Routledge, 2023.

Supono, Teguh, and Witarsa Tambunan. “Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10, no. 2 (2021): 57–65.

Winardi, Michael Aswin, Catherine Prentice, and Scott Weaven. “Systematic Literature Review on Emotional Intelligence and Conflict Management.” Journal of Global Scholars of Marketing Science 32, no. 3 (2022): 372–97.

Downloads

Published

24-12-2024

How to Cite

Aris Setiawan, & Moh Handika. (2024). Dampak Kecerdasan Emosional Terhadap Pengelolaan Konflik di Kalangan Anggota OSIS SMA Sederajat yang Berpartisipasi dalam Pelatihan di Tsot Outbound. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 183–194. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/3297