Persepsi Siswa terhadap Bimbingan Karier di Mi Miftahul Huda Sukolilo

Authors

  • Nisaska Maria Ulfa Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Nur Aimatul Habibah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.367

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Orientasi Karier

Abstract

Abstrak: Bimbingan karir merupakan salah satu aspek dari bimbingan dan konseling di sekolah, disamping itu bimbingan karir memiliki kisaran usaha bimbingan kepada peserta didik dalam jasa pertimbangan untuk bekerja atau tidak. Tidak tepat apabila menganggap bahwa bimbingan karier itu merupakan satu-satunya bimbingan yang perlu ditangani. Karier yang identik dengan pekerjaan dipahami secara beragam oleh para ahli bimbingan dan konseling. Penelitian bertujuan untuk mengetahui orientasi karir dan persepsi siswa Mi Miftahul Huda Sukolilo terhadap karir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di Mi Miftahul Huda Sukolilo Jabung Malang. Subjek penelitian ini yaitu 30 peserta didik yang diambil secara acak dari kriteria pencapaian skor perencanaan karir tingkat terendah, sedang, sampai yang tinggi. Objek penelitian adalah persepsi karir. Pengumpulan data akan dilakukan melalui angket tertutup dengan Skala Guttman dengan opsi jawaban 2. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dilakukan peneliti kepada peserta didik dengan cara melakukan pengisian angket. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa dari 30 siswa yang mendapat nilai skor tertinggi berjumlah 27 siswa(90%) hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat diketahui orientasi karir dan persepsi karir siswa sudah mencapai pada tingkat tinggi atau maksimal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-12-2021

How to Cite

Nisaska Maria Ulfa, & Nur Aimatul Habibah. (2021). Persepsi Siswa terhadap Bimbingan Karier di Mi Miftahul Huda Sukolilo. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 108–118. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.367