Layanan E-Konseling di Sekolah pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Rif’atul Fadlillah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Yunita Permata Safitri Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.371

Keywords:

covid-19, bimbingan dan konseling, konseling, sekolah

Abstract

E- Konseling merupakan layanan konseling yang diberikan konselor dengan menggunakan media internet seperti halnya media zoom dan whatsapp untuk memberi arahan dan bantuan kepada konseli dalam penyelesaian permasalahannya selama pelaksanaan pembelajaran online. E-Konseling dominan diterapkan saat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 merupakan keadaan yang didalamnya terdapat wabah virus yang dapat menyebabkan kematian. Virus ini disebut dengan Covid-19. Penularan virus ini menular secara cepat. Dari hal tersebut menyebabkan aktifitas dibatasi baik dari lembaga pendidikan maupun industri. Banyak permasalahan yang dihadapi siswa dari pembelajaran online ini. Oleh karena itu, konselor dapat memberikan arahan dan bantuan dengan bimbingan konseling. Bimbingan konseling merupakan proses pemberian bantuan oleh konselor kepada konseli dalam menyelesaikan permasalahannya. Dari penelitian yang kami lakukan dalam layanan E-Konseling dimasa pandemi Covid-19 proses konseling dan peran konselor sangat berperan aktif terutama kepada siswa yang menghadapi permasalahan dan kendala dari pembelajaran onlone saat pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 ini pembelajaran sedikit kurang efektif. Sehingga banyak permasalahan baik itu dari jaringan maupun fasilitas yang digunakan dan berdampak pada sisi prestasi siswa yang menurun dan kurangnya pemahaman materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-12-2021

How to Cite

Diah Retno Ningsih, Rif’atul Fadlillah, & Yunita Permata Safitri. (2021). Layanan E-Konseling di Sekolah pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 85–107. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.371