Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling Berbasis Teknologi di Sekolah

Authors

  • Tantri Widyasari Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Lilik Mukayati Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.385

Keywords:

Pemanfaatan, Media Bimbingan Konseling dan Sekolah

Abstract

Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil dari studi ini secara terperinci menunjukkan implementasi pemanfaatan media bimbingan dan konseling mulai dari media visual, media elektronik, media audio visual, dan media komputer dalam setiap layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling. Adanya media peserta didik menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam mengikuti layanan seperti layanan informasi yang diberikan oleh guru BK. Media dalam layanan informasi menampilkan informasi yang terkait kebutuhan peserta didik setidak-tidaknya media yang ditampilkan dapat bermanfaat bagi guru itu sendiri maupun bagi peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitas guru dalam proses pembelajaran maka sangat dibutuhkan penerapan desain media pembelajaran interaktif bimbingan dan konseling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengajar calon guru bimbingan dan konseling di sekolah.

 

Kata kunci: Pemanfaatan, Media Bimbingan Konseling dan Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-12-2021

How to Cite

Tantri Widyasari, & Lilik Mukayati. (2021). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling Berbasis Teknologi di Sekolah. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.385