Penggunaan Sosiodrama untuk Sosial Belajar Siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Sosiodrama, Sosial, Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sosial belajar individu yang kurang, berdasarkan fenomena yang peneliti lihat di lapangan, masih terjadi yang terjadinya bullying yang berbentuk celaan, perilaku yang nampak tersebut menunjukkan ciri sosial yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: 1) sosial dan belajar individu di sekolah. 2) teknik sosiodrama. 3) penggunaan sosiodrama untuk kasus sosial belajar siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung. Jenis penelitian ini adaIah peneIitian kuantitatif deskriptif dengan anaIisis statistik korelasi dengan populasi sebanyak 150 siswa dan sampel sebanyak 40 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner pre-test dan post-test setalah treatmen. Untuk menganalisis data sosial belajar siswa menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat penggunaan sosiodrama dengan sosial belajar siswa menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson, perhitungan menggunakan layanan komputer dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 17. HasiI anaIisis data: 1) Teknik sosiodrama berada dalam kategori baik. 2) sosial belajar individu berada dalam kategori baik. 3) Penggunaan sosiodrama untuk sosial belajar diperoleh r_hitung 0,707> 0,250 r_tabel pada df 40 dengan tingkat signifikansi 0,01 (sig <0,05). Jadi berdasarkan hasil penelitian bahwa teknik sosiodrama tepat digunakan untuk kasus sosial belajar emosi siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-12-2022

How to Cite

Retno Ningsih, D. (2022). Penggunaan Sosiodrama untuk Sosial Belajar Siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 81–89. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/483