Implementasi Layanan Konsultasi dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik

Authors

  • Risma Dina STKIP Budidaya Binjai

Keywords:

Implementasi, Layanan Konseling, Kejenuhan Belajar

Abstract

Kejenuhan belajar dapat melanda peserta didik apabila telah kehilangan motivasi dan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum peserta didik tersebut sampai pada tingkat keterampilan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan konsultasi dalam menguragi kejenuhan belajar peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode diskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 36 peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kejenuhan dalam belajar berdasarkan rekomendasi dari guru BK di sekolah tersebut. Penelitian ini, menggunakan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Keabsahan data dengan tipe dasar triangulasi: triangulasi sumber, triangulasi data, triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru BK dalam hal ini dapat membantu dengan memberikan layanan kepada peserta didik, salah satunya dengan menggunakan layanan konsultasi untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik. Layanan konsultasi yaitu suatu layanan yang membantu peserta didik atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman serta cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan masalah peserta didik. Implementasi layanan konsultasi terbukti efektif dalam mengurangi kejenuhan belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Binjai T.P. 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2022

How to Cite

Risma Dina. (2022). Implementasi Layanan Konsultasi dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/489