Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa

Authors

  • Sundari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nur Asyah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap komunikasi interpersonal siswa MTsS Al Washliyah Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi didalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 140 siswa dan diambil sebagai sampel sebanyak 14 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Kriteria penolakan dan penerimaan uji hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%. Dari hasil angket yang dibagikan sebelum dilakukan layanan (pre-test) diperoleh data dengan nilai rata-rata 84,7 dengan kategori sedang. Diketahui setelah dilakukan layanan (post-test) diperoleh data dengan nilai rata-rata 128,2 dengan kategori baik, sehingga ada peningkatan sebesar 43,5. Hal ini merupakan akibat dari pemberian tindakan berupa layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa, maka perlakuan yang diberikan memberikan pengaruh yang positif bagi siswa.
Hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,595 dan itu lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,761, maka thitung > ttabel = (3,595 > 1,761), dengan demikian hipotesis yang berbunyi diperoleh hasil thitung = 3,595 berarti 3,595 > 1,761 pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa MTsS Al Washliyah Bangun Purba dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2022

How to Cite

Sundari, & Nur Asyah. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 12–20. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/490