Peran Guru Bk dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Ma Attaraqqie Kota Malang

Authors

  • Fayrus Abadi Slamet Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Laila Ummi Nadzifah MA Attaraqqie Kota Malang

Keywords:

Nilai-nilai Karakter, Guru BK, Siswa

Abstract

Pendidikan karakter disebut juga sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh hati.. Guru BK juga diharapkan dapat membantu dan mendukung mengembangkan seluruh kemampuan siswa sesuai dengan potensinya melalui layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan aspek belajar, social, pribadi dan karier. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif dengan metode diskripsi. Lokasi penelitian di MA Attaraqqie Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru bimbingan konseling dalam menangani permasalahan yang dihadapi oleh siswa dengan cara melakukan pembinaan nilai-nilai pendidikan karakter yang efektif yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditentukan serta memahami proses layanan konseling maka menghasilkan layanan atau proses komunikasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2022

How to Cite

Fayrus Abadi Slamet, & Laila Ummi Nadzifah. (2022). Peran Guru Bk dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Ma Attaraqqie Kota Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 33–41. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/492