Peran Guru Bk dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Peserta Didik

Authors

  • San Putra STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai

Keywords:

Guru BK, Nilai-nilai Pendidikan, Akhlak

Abstract

Peranan bimbingan konseling tidak hanya terbatas pada bimbingan yang bersifat akademik tetapi juga sosial, pribadi, dan juga karier. Dengan adanya bimbingan konseling didalam dunia pendidikan diharapkan terciptanya generasi yang mampu memenuhi persyaratan untuk diterima menjadi anggota masyarakat dan berguna bagi nusa dan bangsa, keadaan semacam inilah yang membentuk sikap pada peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak pada dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana memahami peran guru BK dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, sumber data diperoleh dari guru BK dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK melalui proses pemeberian layanan sesuai dengan program tahunan layanan BK SMP Negeri 5 Binjai T.P 2021/2022. Proses pemberian layanan itu meliputi: Memberikan layananan informasi, nasihat dan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa berkelakuan baik, selama dilingkungan sekolah ataupun dilingkungan keluarga dan masyarakat sekitar. Proses pemberian layanan tersebut juga dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

02-07-2022

How to Cite

San Putra. (2022). Peran Guru Bk dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Peserta Didik. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 53–63. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/510