Apakah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Bermain dapat Meningkatkan Kerjasama

Authors

  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain, Kerjasama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain dalam meningkatkan kerjasama siswa kelas X Jurusan Rekayas Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMKN 1 Tanjung Lago. Hal ini ditunjukan saat kelompok belajar rendah pada saat kegiatan praktikum sesuai jurusan karena kerjasama yang kurang baik antar anggota kelompok. Subjek penelitian dibatasi sebanyak 12 orang siswa yang diambil dari kelas X Jurusan RPL dan TSM. Data ini adalah hasil pengamatan dengan kolabulator yang dituangkan dalam tahap refleksi pada tiap-tiap siklus. Kriteria peningkatan antara siklus I dan siklus II ialah apabila sekurang-kurangnya 50% siswa. Penelitian dengan menggunakan teknik pengamatan atau observasi adalah suatu teknik evaluasi yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang dijakdikan sasaran pengamatn (evaluasi). Indikator dalam penelitian ini berupa meningkatkan kerjasama siswa yang dianalisis untuk mengetahui adakah peningkatan kerjasama melalui teknik bermain peran serta mengobervasi anggota kelompok dengan membandingkan sebelum dan selama aktivitas berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain dalam meningkatkan kerjasama sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa terutama disaat melakukan pelajaran praktek langsung dilapangan yang menunjukan bahwa tindakan guru pada siklus I mendapatkan hasil “cukup baik” terlihat dari hasil siklus I bahwa penurunan dari 36 macam aktivitas kerjasama menjadi 14 macam aktivitas kerjasama, kemudian dari siklus II yakni menunjukan bahwa mendapatkan hasil “baik”. Dari 12 peserta yang mengikuti layanan bimbingan kelompok peneliti mendapatkan hasil yang baik yaitu dari 14 macam aktivitas kerjasama yang dilaksanakan kini menjadi penurunan menjadi 3 macam aktivitas kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Diah Retno Ningsih , Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain dalam meningkatkan kerjasama siswa kelas X Jurusan Rekayas Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMKN 1 Tanjung Lago. Hal ini ditunjukan saat kelompok belajar rendah pada saat kegiatan praktikum sesuai jurusan karena kerjasama yang kurang baik antar anggota kelompok. Subjek penelitian dibatasi sebanyak 12 orang siswa yang diambil dari kelas X Jurusan RPL dan TSM. Data ini adalah hasil pengamatan dengan kolabulator yang dituangkan dalam tahap refleksi pada tiap-tiap siklus. Kriteria peningkatan antara siklus I dan siklus II ialah apabila sekurang-kurangnya 50% siswa. Penelitian dengan menggunakan teknik pengamatan atau observasi adalah suatu teknik evaluasi yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang dijakdikan sasaran pengamatn (evaluasi). Indikator dalam penelitian ini berupa meningkatkan kerjasama siswa yang dianalisis untuk mengetahui adakah peningkatan kerjasama melalui teknik bermain peran serta mengobervasi anggota kelompok dengan membandingkan sebelum dan selama aktivitas berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik bermain dalam meningkatkan kerjasama sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa terutama disaat melakukan pelajaran praktek langsung dilapangan yang menunjukan bahwa tindakan guru pada siklus I mendapatkan hasil “cukup baik” terlihat dari hasil siklus I bahwa penurunan dari 36 macam aktivitas kerjasama menjadi 14 macam aktivitas kerjasama, kemudian dari siklus II yakni menunjukan bahwa mendapatkan hasil “baik”. Dari 12 peserta yang mengikuti layanan bimbingan kelompok peneliti mendapatkan hasil yang baik yaitu dari 14 macam aktivitas kerjasama yang dilaksanakan kini menjadi penurunan menjadi 3 macam aktivitas kerjasama.

Downloads

Published

15-12-2019

How to Cite

Diah Retno Ningsih. (2019). Apakah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Bermain dapat Meningkatkan Kerjasama. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 89–102. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/59