Peningkatan Pengungkapan Diri dan Penyesuaian Diri Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Person Centered pada Siswa Kelas XI di MA Madania Yogyakarta

Authors

  • Fatmah K IAI Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Pengungkapan diri, Penyesuaian diri, Konseling Kelompok, Pendekatan Person Centered

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengungkapan diri dan penyesuaian diri beberapa siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madania Bantul Yogyakarta yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengungkapan diri dan penyesuaian diri peserta didik melalui konseling kelompok dengan pendekatan person centered.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Madania Bantul Yogyakarta yang memiliki penyingkapan diri dan penyesuaian diri yang rendah yaitu berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan orang berpusat dapat meningkatkan pengungkapan diri dan adaptasi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Madania Bantul Yogyakarta. Peningkatan ini telah dibuktikan melalui penelitian pada masing-masing kelompok, yaitu: jumlah subjek yang memiliki pengungkapan diri yang tinggi pada siklus 1 adalah 20%, siklus 2 adalah 40% dan semakin meningkat pada siklus 3 menjadi 80%, sedangkan untuk penyesuaian diri yang telah disesuaikan dalam siklus adalah 40%, 60% dan meningkat pada siklus ke-3 sebanyak 80%. Hasil juga diperkuat melalui pengamatan yang menunjukkan bahwa peserta didik telah dapat berkomunikasi, mengekspresikan diri dan cocok. Dari wawancara, peserta didik mengakui bahwa kegiatan konseling kelompok dapat meningkatkan kemampuan untuk mengekspresikan diri, menyesuaikan diri dengan orang lain dan merasa membantu dalam memecahkan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2019

How to Cite

Fatmah K. (2019). Peningkatan Pengungkapan Diri dan Penyesuaian Diri Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Person Centered pada Siswa Kelas XI di MA Madania Yogyakarta. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 21–37. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/6