Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SMK Sunan Kalijogo Malang

Authors

  • Zizi Nurhikmah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Catur Kurniaji SMKN 6 MALANG

Keywords:

Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Murid

Abstract

Penelitian ini dilakuakan dalam rangka mengetahu peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keisiplinan PEserta didik SMK Sunan Kalijogo Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mana menghasilkan gambaran perilaku subjek yang diteliti. Kehadiran peneliti berkedudukan sebaai instrumen peneliti yang utama. Sumber data yang digunakan berupa primer dan sekunder. Primer melalui observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi program.  Lalu analaisa data digunakan analisa data kualitatifa dan diuji keabsahan data memllalui Teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa program atau model bimbingan konseling yang dilakukan yaitu: program konseling pagi, SISMA (SISwa berMAsalah) dan program SITIB (SIswa terTIB). Kemudian juga ditemukan beberaoa temuan data berupa keterlibatan Guru Bimbingan Konseling dengan adanya pengajaran secara klasikal berupa Tata laku Pra PKL Kiat Pekerja disiplin, Cara tertib Berpakaian, Cara Beradaptasi dengan bijak dan Pekerja yang baik. Selain itu adanya bimbingan konseling secara individu, dan kelompok juga dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-12-2022

How to Cite

Nurhikmah, Z., & Kurniaji, C. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SMK Sunan Kalijogo Malang. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 130–138. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/722