Implementasi Learning Strategy Berdasarkan Jenjang Pendidikan Perspektif Psikologi

Authors

  • Nur Elvinatuz Zuhroh UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Arbaiyah Yusuf UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Riska Rikhatul Jannah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.934

Keywords:

learning strategy, psychology, education

Abstract

Pendidikan tidak hanya sekedar melibatkan pendidik berupa guru dan peserta didik berupa siswa atau mahasiswa. Pendidikan juga diperlukan metode, strategi, kurikulum, serta sarana dan prasarana di dalamnya. Seorang pendidik juga harus pintar dalam memilih strategi mengajar agar menciptakan lingkungan belajar yang terstruktur, kondusif, dan menyenangkan. Keadaan tersebut dapat tercipta jika pendidik seyogyanya menciptakan sebuah strategi. Strategi diperlukan untuk menunjang keberlangsungan pembelajaran bagi setiap anak didik di seluruh tingkat pendidikan. Strategi yang diterapkan pastinya berbeda karena pola kembang serta pikir di setiap jenjang juga berbeda. Adapun strategi yang dilakukan harus terlebih dahulu melihat bagaimana keadaan para siswa dari analisis psikologi, baik dari psikologi perkembangan, psikologi kepribadian, psikologi pendidikan. Maka dalam artikel ini, akan dijabarkan definisi, jenis strategi, serta hubungannya dengan psikologi dari tiap-tiap jenjang. Adanya analisis psikologi dalam penerapan learning strategy ini guna membantu mencocokkan serta memahami lebih lanjut mental dan kepribadian siswa. Artikel ini menggunakan metode systematic literature review dalam penulisan penelitian. Dalam artikel ini terdapat beberapa learning strategy yang dapat diterapkan ketika proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afi Parwani. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA), 2021.

Dewi, Ajeng Rahayu Tresna, Mira Mayasarokh, and Eva Gustiana. “PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI” 04, no. 1 (2020).

Diananda, Amita. “PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA.” Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (January 28, 2019): 116–133.

Hasanah, Uswatun. “STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK ANAK USIA DINI.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23, no. 2 (December 28, 2018): 204–222.

Heryani, Yeni, Kartono Kartono, Kristina Wijayanti, and Nuriana Rachmani Dewi. “Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Daya Ingat” (2021).

I Komang Suparsawan. Kolaborasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Bandung: Tata Akabar, 2020.

Ismiantari, Firda Dwi, and Olievia Prabandini Mulyana. “PERBEDAAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA GURU DITINJAU DARI KARAKTERISTIK SEKOLAH” 8 (2021).

Kamila, Aisyatin, and Rizki Hidayaturrochman. “Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class.” PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi 1, no. 2 (August 2, 2022): 1–13.

Kyky Syafredi. Hasil Penelitian: Efek Model Pembelajaran Discovery Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa. Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Mohammad Fahmi Nugraha, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Meiliana Nurfitri, Milah Nurkamilah, Asti Trilesatri, and Wan Ridwan Husen. PENGANTAR PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Tasikmalaya, Jawa Barat: EDU PUBLISHER, 2020.

Nurfadilah, Iqlima, Din Azwar Uswatun, and Astri Sutisnawati. “PENERAPAN METODE MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (July 11, 2022): 679–687.

Nurislaminingsih, Rizki, Tine Silvana Rachmawati, and Yunus Winoto. “Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker.” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 4, no. 2 (June 9, 2020): 169–182.

Nurwati, Nurwati. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2, no. 1 (December 26, 2019): 15–31.

Perdana, Fani Juliyanto. “PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 8, no. 2 (November 28, 2019). Accessed May 28, 2023. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/5342.

Purnamasari, Rika. “Strategi Pembelajaran Mnemonic untuk Meningkatkan Memori Siswa.” Health Education 4 (2018).

Rafikasari, Fitriani, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, and Sukron Djazilan. “Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (August 16, 2021): 3232–3241.

Rahmawati, Rizka Lailatul, and Fikri Nazarullail. “Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 7, no. 2 (October 27, 2020): 9–22.

Ridhani, M. Taufik. Menelisik Pentingnya Strategi Pembelajaran dalam Menentukan Keberhasilan Pembelajaran Sejarah Abad 21. Preprint. Open Science Framework, April 8, 2022. Accessed May 28, 2023. https://osf.io/hb6t4.

Saripudin, Aip, and Isnaeni Yuningsih Faujiah. “STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD (STUDI KASUS PADA TK DI KOTA CIREBON).” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (March 30, 2018): 129.

Sri Katoningsih. Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2021.

Sumiyati, Sumiyati, Siswanto Masruri, and Maemonah Maemonah. “Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (November 6, 2020). Accessed May 20, 2023. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/814.

Suwardana, Hendra. “Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental.” JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri 1, no. 2 (April 18, 2018): 109–118.

Wijaya, Ardi. “Implementasi Algoritma Round Robin Pada Sistem Penjadwalan Mata Kuliah” 4, no. 1 (2018).

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Elvinatuz Zuhroh, N., Arbaiyah Yusuf, & Riska Rikhatul Jannah. (2023). Implementasi Learning Strategy Berdasarkan Jenjang Pendidikan Perspektif Psikologi. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 28–40. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.934