Efektivitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI di SMA Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Fitriyatul Maulidah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Diah Retno Ningsih Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Konseling Sebaya, Motivasi belajar

Abstract

Motivasi balajar adalah suatu dorongan baik dari dalam maupun dari luar siswa yang menimbulkan kegiatan belajar atau perubahan tingkah laku ke arah tujuan belajar yang diinginkan. Motivasi belajar yang rendah dapat menghambat proses pembelajaran siswa di sekolah. Untuk itu, diperlukan layanan bantuan agar siswa yang motivasi belajarnya rendah supaya meningkatkan motivasi belajarnya seperti siswa yang lain. Jenis layanan yang diberikan adalah konseling sebaya. Konseling sebaya adalah suatu upaya bantuan yang diberikan oleh konselor sebaya yang telah menerima pelatihan sebagai konselor sebaya dalam menghadapi hambatan perkembangan dan pengentasan masalah yang dialami oleh teman sebayanya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest and Posttest Design. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu 17 siswa kelas XI SMA Sunan Kalijogo Jabung yang ditentukan dan terindikasi motivasi belajarnya rendah berdasarkan instrumen penelitian (angket motivasi belajar) yang telah dianalisis menggunakan IBM SPSS Versi 24. Analisis data menggunakan analisis Paired Sample T-test menunjukkan bahwa bahwa nilai t = -69.454, mean 80.17647, 95% Confidence Interval of the Difference, lower = -82.62366 dan upper = -77.72928, kemudian thitung dibandingkan ttabel df= 16, dengan ketentuan thitung > ttabel (69.45 >1.746) dikarenakan peneliti mengambil taraf signifikansi α= 0.05 dan nilai sig > sig α (0.000> 0.05) dengan nilai distribusi satu arah sesuai kriteria pengujian hipotesis yang diajukan peneliti. Berdasarkan hasil ini diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian maka disimpulkan bahwa konseling sebaya efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Sunan Kalijogo Jabung

Keyword: Konseling Sebaya, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Rifa’i. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.

Dantu, Almi Ranti, Hetty Jumita Tumulang, and Dkk. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditengah Pandemi Covid-19 , 2022).” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022).

Etiyan, N., Rosra M., dan Utamaningsih., D. “Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Client Centered.” Jurnal Konselor (2019).

Fahyuni, Eni Fariyatul. Inovasi Konselor Sebaya Di Sekolah (Dalam Perspektif Pendidikan Islam ). 1st ed. Sidoarjo: Umsida Press, 2018.

Febrini, Deni. Bimbingan Dan Konseling. Edited by Samsudin. Bengkulu: CV Brimedia Global Redaksi, 2020.

Kaban, Raka Hermawan, Dewi Anzelina, and Reflina Sinaga. “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 5, no. 6 (2021).

Kurwiyah, Neneng. “Peran Konselor Sebaya Terhadap Upaya Berhenti Merokok Di SMP 219 Jakarta.” Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice (2019).

M, Muhammad Aldy, Muswardi Rosra, and Redi Eka Andriyanto. “Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa.” Jurnal FKIP Universitas lampung (2019).

Muhammad, Maryam. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Maryam Muhammad MTs Negeri Tungkob Darussalam Kabupaten Aceh Besar.” Lantanida Journal 4, no. 2 (2016).

Muzdalifah, Kasypul Anwar, and Nurmiati. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Layanan Konseling Kelompok Tehnik Self Concept Terhadap Siswa Peringkat Akhir Kelas 8 Di SMP Negeri BArnjarmasin.” Jurnal Bimbingan dan Konseling AR-Rahman 7, no. 2 (2021).

Saraha, Rosida Hi. “Peran Siswa Sebagai Konselor Sebaya Dan Prestasi Akademik Di MAN 1 Dan SMA Negeri 2 Kota Ternate.” Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate (2017).

Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Swatinah, Titin. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA NEGERI 3 Jember Tahun Ajaran 2014/2015.” Jurnal Educazione III, no. 1 (2015).

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. 14th ed. Jakarta: PT Bumi Aksara, n.d.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Fitriyatul Maulidah, & Diah Retno Ningsih. (2023). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kelas XI di SMA Sunan Kalijogo Jabung. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 75–87. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/958