Penerapan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMPN 2 Rejang Lebong

Authors

  • Syamsul Rizal Institut Agama Islam Negeri Curup

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Motivasi belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini belum tingginya tingkat motivasi belajar siswa yang ditandai dengan belum maksimalnya hasil belajar siswa di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian terkait bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru kepada siswa dalam memotivasi belajar dan apa saja yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif, pada penelitian ini digambarkan sebuah fenomena lapangan melalui pengamatan langsung dan dilakukan wawancara pada subyek yang telah ditentukan. Dan hasil penelitian ini memaparkan bahwa bentuk komunikasi antarpribadi yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar yakni pesan komunikasi verbal dan pesan komunikasi non verbal sedangkan yang dilakukan guru dengan cara menerapkan dengan melakaukan metode bercerita, memutarkan video, menggunakan reward, adanya quis, memberikan bimbingan secara pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2023

How to Cite

Syamsul Rizal. (2023). Penerapan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMPN 2 Rejang Lebong . Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 194–204. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/1066