Peran Komunikasi Organisasi Yayasan Spirit Dakwah Indonesia Cabang Yogyakarta dalam Program Taman Pendidikan Quran Luar Biasa (TPQLB)

Authors

  • Mochammad Sinung Restendy Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Keywords:

Komunikasi organisasi, Yayasan Spirit Dakwah Indonesia, TPQLB

Abstract

Komunikasi organisasi sebagai medium dalam mempermudah sebuah kegiatan dalam organisasi, menjadi oli sebuah mesin manajemen yang direncanakan, menjadi keterkaitan dan keterikatan antar individu dalam sebuah organisasi sehingga ada sinergi, koordinasi dan harmonisasi dalam mencapai tujuan bersama. Program TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta target utamanya adalah anak difabel dan keluarga memahami dan membiasakan diri dalam praktek dan belajar agama terkhusus belajar Alquran, praktek wudhu dan sholat juga ketrampilan ketrampilan yang lain tidak hanya itu tetapi juga untuk membangun komunikasi yan baik antara ustad ustadah, pengurus dan anggota Yayasan Spirit Dakwah Indonesia. Maka TPQLB Yayasan Spirit Dakwah Indonesia cabang Yogyakarta berkewajiban mampu memberikan pembelajaran yang baik kepada anak dan keluarga difabel temasuk penguatan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, membangun jejaring dan kemandirian organisasi. Penelitian berikut bersifat kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan menjelaskan temuan dalam bentuk deskripsi analitik. Dengan didasarkan pada hasil observasi partisipatif juga wawancara yang dalam, proses komunikasi di program TPQLB terjadi dengan two ways communication yang tujuan arus informasinya mulai dari komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horizontal. Maka peta sistem komunikasi organisasi yang terjadi adalah sistem komunikasi organisasi dengan saluran bebas (all channel).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-01-2021

How to Cite

Mochammad Sinung Restendy. (2021). Peran Komunikasi Organisasi Yayasan Spirit Dakwah Indonesia Cabang Yogyakarta dalam Program Taman Pendidikan Quran Luar Biasa (TPQLB). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 12–33. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/223