POP Kontemporer Remaja sebagai Media bagi Generasi Milenial

Authors

  • Nuriyah Nazilah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Gatut Setiadi Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.313

Keywords:

Media Dakwah, Pop Kontemporer, Remaja

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian suatu informasi,atau pesan kepada seseorang yang akan  membekas pada jiwa tiap individunya,tentu komunikasi ini yang menjadi bagian penting dalam media dakwah.Media dakwah adalah alat yang digunakan sebagai perantara dalam mencapai tujuan dakwah.dalam menyampaikan pesan dan terhadap penerima dengan lebih memanfaatkan media untuk mencapai suatu keberhasilan,maka media ini menjadi sangat penting,terlebih pada era  zaman sekarang para remaja yang tidak lepas untuk bermain di social media. Fungsi media dakwah adalah sebagai perantara penyampaian pesan dalam kegiatan dakwah.Yang  bertujuan untuk mendukung aktivitas dakwah agar lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan nilai-nilai  islam kepada remaja.Karena itu, tidak mungkin dakwah tersebut  sukses tanpa adanya media yang membantu mensukseskan kegiatan dakwah.Makin banyak menguasai media penggunaan media dalam kegiatan dakwah,maka semakin mengantar kepada keberhasilan dan kesuksesan dalam melaksanakan dakwah.Media yang digunakan untuk menyampaikan dakwah yakni media cetak,media elektronik, televisi, radio, majalah, tabloid, internet dan media lainnya. Akan tetapi kini yang lebih popular dan banyak digandrungi oleh remaja adalah media internet.Karena media internet ini yang mengungkap isu-isu kontemporer lalu dijadikannya sebagai materi dakwah agar tetap dalam nilai-nilai yang berada pada islam dan tidak ada kesesatan.Karena kecenderungan hidup manusia pada abad ini memiliki gaya hidup yang lebih mengandalkan pada hiburan,makanan,dn pakaian.jadi lebih mengandalkan hidup pada kenikmatan-kenikmatan yang bersifat praktis dn pragmatis menyenangkan,bisa dirasakan pada saat ini yang lebih positif. Sehingga mengabaikan aspek-aspek yang lebih bersifat substantive dan orientasi pada isi bukan bentuk. Dalam kontemporer ini remaja bisa menggunakan pop kontemporer untuk berdakwah agar para pembaca atau penonton tidak bosan dan tetap menambah ilmu mereka terhadap nilai-nilai islamnnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-07-2021

How to Cite

Nuriyah Nazilah, & Setiadi, G. (2021). POP Kontemporer Remaja sebagai Media bagi Generasi Milenial. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 135–151. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.313