Strategi Komunikasi Guru dalam Mewujudkan Akhlaq Luhur Siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang
DOI:
https://doi.org/10.51339/ittishol.v3i1.342Keywords:
Strategi, Komunikasi, Akhlak LuhurAbstract
Globalisasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Indonesia terlebih lagi anak-anak di masa kini maupun di masa depan, hal ini mengakibatkan krisis moral dan akhlak pada anak. Jauhnya kehidupan anak-anak dari nilai-nilai agama merupakan salah satu dampak nyata perkembangan dan akses global yang demikian deras tanpa adanya filter yang dapat menjadi perekat identitas yang cukup kuat. Fenomena kenakalan remaja dan hal-hal lain yang dapat merusak karakter peserta didik tersebut, memperlihatkan begitu pentingnya pembinaan akhlaq yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik ketika di sekolah. Tujuan utama adalah membentuk generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu memiliki karakter luhur dan membawa kemaslahatan bagi orang lain. Hal ini menggugah semangat peneliti untuk melakukan observasi di SMK Sunan Kalijogo Malang, dengan melihat strategi komunikasi guru-guru SMK terhadap peserta didik dalam mewujudkan akhlaq luhur para peserta didik di sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan obyek penelitiannya adalah guru dan peserta didik SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang. Hasil dari analisis penelitian ini ialah penulis mengetahui metode yang diterapkan guru dalam strategi membina akhlak di sekolah, diantaranya; a) Metode dialog atau diskusi, b) Metode teladan, c) Metode pembiasaan, d) Metode Nasehat. Selain itu, terdapat beberapa program keislaman untuk mendukung pembinaan akhlak siswa-siwi SMK Sunan Kalijogo, diantaranya: sholat dhuha dan dzuhur berjamaah yang dilakukan setiap hari, membaca surah Al waqi’ah, sebelum memulai pembelajaran yang dilakukan setiap hari, Praktek pengamalan ibadah (PPI), dan ziarah ke makam pendiri pondok pesantren Sunan Kalijogo Jabung Kyai Nur yang dilakukan setiap hari.