Analisis Manajemen Pembiayaan pada Bank Syariah

(Studi Kasus Pada PT. Bank Syari’ah Mandiri, Tbk)

Authors

  • Sri Mulyani IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v1i2.167

Keywords:

Manajemen, Pembiayaan, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pembiayaan pada PT.Bank Syariah Mandiri, Tbk. Manajemen pembiayaan merupakan  hal yang sangat penting bagi bank syariah karena dengan manajemen pembiayaan yang bagus, bank syariah akan bisa menjaga kinerja keuangannya tetap sehat dan mengurangi resiko pembiayaan macet.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan menganalisis rasio NPF (Non Performance Financing), FDR (Financing to Deposit Ratio) dan Aset Produktif Bermasalah pada PT.Bank Syariah Mandiri, Tbk. Penelitian ini menggunakan data sekunder secara time series mulai tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian menemukan bahwa rasio keuangan Bank Syariah Mandiri termasuk dalam kategori yang sehat yaitu rata-rata rasio NPF Bank Syariah Mandiri adalah sebesar 2,75%, rata-rata rasio FDR Bank Syariah sebesar 85,41%  dan rata-rata rasio Aset Produktif Bermasalah sebesar 4,23%. Penelitian ini juga menghasilkan manajemen pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah  diantaranya adalah dengan menerapkan sistem manajemen resiko pembiayaan dengan baik yaitu pemberian pembiayaan sesuai prosedur dan prinsip kehati-hatian, penetapan limit resiko, serta menerapkan analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral)  dan analisis 7A (aspek yuridis, aspek manajemen, aspek teknik/ teknologi, aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek ekonomi dan aspek agunan)  dalam pemberian pembiayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2020

How to Cite

Sri Mulyani. “Analisis Manajemen Pembiayaan Pada Bank Syariah: (Studi Kasus Pada PT. Bank Syari’ah Mandiri, Tbk)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 2 (June 28, 2020): 89–105. Accessed April 28, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/167.