Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia Tahun 2022-2023

Authors

  • Maulana Ihsan Yusufi Suyatno Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
  • Ahmad Rofiq Pascasarjana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Imam Yahya Pascasarjana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Rahmania Mustahidda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v5i2.2417

Keywords:

Religiosity, Knowledge, Social Environment, Interest in Saving at Indonesian Sharia Bank

Abstract

Bank Syariah merupakan jenis bank yang ada di Indonesia dan dalam operasinya didasarkan pada prinsip dan hukum syariah. Salah satu produknya adalah tabungan, minat menabung di Bank Syariah dapat berasal dari diri sendiri atau dari lingkungan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana religiusitas, pengetahuan, dan keadaan sosial berdampak pada minat menabung di bank syariah. Sampel penelitian ini adalah 36 karyawan Koperasi Pendawa dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan SPSS sebagai alat analisis dengan hasil tingkat religiusitas, pengetahuan dan lingkungan sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Tingkat religiusitas yang rendah akan mempengaruhi minimnya minat menabung di bank syariah. Pengetahuan mengenai bank syariah yang kurang juga mempengaruhi minat menabung di bank syariah dan lingkungan sosial yang mayoritas belum menggunakan produk bank syariah juga turut mempengaruhi minat seseorang untuk menabung di bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fattah, Indriayu, S. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, Volume 4 N(1), 11–21.

Fauzy, T. O., Purwadi, A., & Hakim, R. (2019). Analisis Pengetahuan tentang Perbankan Syariah Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad Mojokerto dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 181–206. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v4i2.230

Khairunnisa, I. A., & Cahyono, H. (2020). Hubungan Pengetahuan, Religiusitas, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Menggunakan Bank Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 1–14. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p1-14

Murniati, W. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Sebagai Mediator Dalam Hubungan Religiusitas Dan Minat Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 7(1), 42–49. https://doi.org/10.30997/jn.v7i1.4155

Nasir, M. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia. Syntax Idea, 3(11), 2457. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i11.1571

Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18

Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., Trijumansyah, A., Bina, U., Informatika, S., Menabung, M., & Syariah, B. (2019). Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas. 16(1), 77–88.

Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, h. 81.

Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan’amma kabupaten kepulauan talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16.

Setyawan, R. A., Atapukan, W. F., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., & Janabadra, U. (2018). PENGUKURAN USABILITY WEBSITE E-COMMERCE SAMBAL NYOSS MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT. 7, 54–61.

Sodik, F., Hidayat, A., Abir, R., Farda, A., Syahita, R. N., Syariah, J. P., Ekonomi, F., Islam, B., Sunan, U., & Yogayakarta, K. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. In Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah (Vol. 4, Issue 2). https://www.merdeka.com/uang/per-maret-

Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Maulana Ihsan Yusufi Suyatno, Ahmad Rofiq, Imam Yahya, and Rahmania Mustahidda. “Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia Tahun 2022-2023”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (July 24, 2024): 156–171. Accessed December 23, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2417.