Kesiapan UMKM Di Indonesia Dalam Menggunakan Digital Payment Dalam Bertransaksi: A Scoping Review

Authors

  • Sholihun IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Mochamad Sirodjudin Universitas Negeri Malang
  • M. Faishol Amrulloh Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

SLR, Scoping Review, Digital payment, UMKM

Abstract

Studi literatur sebelumnya telah menginvestigasi tingkat implementasi digital payment di kalangan UMKM di Indonesia. Namun, fokus eksplisit pada implementasi digital payment masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pengetahuan yang ada tentang digital payment untuk mendukung implementasinya. Metode peninjauan pelingkupan mengikuti pendekatan yang ditetapkan oleh Arksey dan O'Malley dengan lima tahap utama: (1) mengidentifikasi pertanyaan penelitian; (2) mengidentifikasi studi yang relevan; (3) pemilihan studi; (4) pengumpulan dan penyusunan data, dan (5) menyusun, meringkas, dan melaporkan temuan. Pemilihan jurnal dilakukan melalui basis data Google Scholar dalam rentang waktu tiga tahun (2020-2023). Hasil dari peninjauan pelingkupan ini adalah untuk mengeksplorasi pemahaman dan implementasi digital payment di kalangan UMKM. Dari sepuluh jurnal yang paling banyak dikutip, dua diterbitkan pada tahun 2020, empat pada tahun 2021, dan empat pada tahun 2022, menunjukkan peningkatan minat peneliti terhadap integrasi digital payment di UMKM. Metode survei digunakan untuk mengevaluasi pemahaman dan implementasi digital payment di kalangan UMKM. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa digital payment, terutama melalui Payment Gateway dan QRIS, memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan UMKM. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti kepercayaan dan faktor risiko, UMKM cenderung memandang positif penggunaan metode pembayaran digital. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang pemanfaatan digital payment dalam meningkatkan efisiensi transaksi UMKM dan memberikan saran untuk pengembangan lebih lanjut dalam mendukung penetrasi keuangan digital di sektor UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arksey, H., & O’Malley, L. (2005). Scoping studies: Towards a methodological framework. International Journal of Social Research Methodology: Theory and Practice, 8(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/1364557032000119616

Hardiky, M. I., Nova, D. K., Rahmadewi, A., & Kustiningsih, N. (2021). Optimalisasi Digital Payment Sebagai Solusi Pembayaran Umkm Roti Kasur. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 44. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2193

Karniawati, N. P. A., Darma, G. S., Mahyuni, L. P., & Sanica, I. G. (2021). Community perception of using qr code payment in era new normal. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 18(1), 3986–3999. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/6225

Kristanti, E., & Marta, R. F. (2021). Persuasive and Educative Advertising Content of Quick Response Code Indonesian Standard in Pandemic Era. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 301. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.34474

Lestari, D. A., Purnamasari, E. D., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Payment Gateway terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47747/jbme.v1i1.20

Pangestu, M. G. (2022). Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 1(1). https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.1.23

Permadi, Y. A., & Wilandari, A. (2021). Preferences of Using Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Among Students As a Means of Digital Payment. Journal of Enterprise and Development, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.20414/jed.v3i01.3285

Putu, I., Noviana, T., & Darma, G. S. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies during the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262. https://ejournal.iocscience.org/index.php/mantik/article/view/1084

Ramadani Silalahi, P., Tambunan, K., & Ramadhany Batubara, T. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/18

Santika, A., Aliyani, R., & Mintarsih, R. (2022). Persepsi Dan Intensi Pelaku Umkm Terhadap Penggunaan Qris Sebagai Sistem Pembayaran Digital Di Kota Tasikmalaya. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(4), 61–70. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i4.142

Watini, S., Latifah, H., Rudianto, D., & Santoso, N. A. (2022). Adaptation of Digital Marketing of Coffee MSME Products to Digital Transformation in the Era of the Covid-19 Pandemic. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(1), 23–32. https://doi.org/10.34306/sabda.v1i1.73

Downloads

Published

10-01-2024

How to Cite

Sholihun, Mochamad Sirodjudin, and M. Faishol Amrulloh. “Kesiapan UMKM Di Indonesia Dalam Menggunakan Digital Payment Dalam Bertransaksi: A Scoping Review”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 1 (January 10, 2024): 137–155. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2419.