Analisis Penerapan Inovasi Produk dan Layanan dalam Meningkatkan Daya Saing Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1

Authors

  • Khaerunnisa Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Nining Wahyuningsih Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Mohammad Iqbal Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Inovasi Produk dan Layanan, Tantangan, Peluang

Abstract

Inovasi produk dan layanan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing bank syariah di Indonesia. Agar dapat bersaing dengan lembaga keuangan lain, tentu saja BSI KCP Cirebon Plered 1 membutuhkan inovasi, terutama inovasi produk dan layanan. Perkembangan inovasi produk dan layanan penting agar masyarakat tertarik dengan BSI KCP Cirebon Plered 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inovasi produk dan layanan terhadap peningkatan daya saing BSI KCP Cirebon Plered 1, menganalisis tantangan dan peluang inovasi produk dan layanan di Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1, serta mengidentifikasi kemampuan Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1 dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif. Analisis SWOT menggunakan matriks internal factor evaluation (IFE) dan matriks external factor evaluation (EFE), di mana IFE yang meliputi kekuatan dan kelemahan dan EFE meliputi peluang dan tantangan. Hasil penelitian menunjukkan, BSI KCP Cirebon Plered 1 telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap inovasi produk dan layanan dalam meningkatkan daya saingnya. Melalui evaluasi produk yang ada, perbandingan dengan produk bank syariah lain, serta penambahan fitur baru seperti menambahkan fitur pembayaran tiket kereta api pada mobile banking, menu pembayaran listrik/air, menu pembayaran akademik, dan sebagainya, bank berhasil menarik minat nasabah dan meningkatkan pertumbuhan jumlah nasabah. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur IT, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya pemahaman nasabah tentang produk syariah, BSI KCP Cirebon Plered 1 mampu memanfaatkan peluang signifikan. Hal ini termasuk meningkatnya minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah dan perkembangan teknologi digital. Dengan strategi inovatif, kesadaran akan prinsip syariah, dan komitmen terhadap keamanan data dan teknologi, bank dapat mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk terus berinovasi dalam produk dan layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83–104.

David, F. R. (2016). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, Global Edition. Pearson Education.

Dz, A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63–80.

Gunawan, A. (2011). Strategi Bank Negara Indonesia Syari’ah Cabang Pekanbaru dalam Meningkatkan Market Share Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Handayani, S. D., Mahadewi, N. M. E., & Surata, I. K. (2022). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Masceti Gianyar dalam Peningkatan Jumlah Pengunjung dan Nilai Ekonomi. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 71–83.

Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Deepublish.

Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran, 13.

Mukminin, A. (2018). Pentingnya Manajemen Inovasi pada Produk Perbankan Syariah agar Bisa Bersaing dengan Bank Konvensional. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nopitasari, E. (2017). Pengaruh Lokasi, Produk, Reputasi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Surakarta Menggunakan Bank Syariah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 91(5), 144.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Setiawan, Z., Suharyanto, S., Judijanto, L., Zahara, A. E., Suryadi, I., Juniarto, G., Wulandari, D., Premayani, N. W. W., & Wibowo, S. E. (2024). Strategi Pengembangan Produk: Panduan Praktis untuk Keunggulan Kompetitif. PT. Green Pustaka Indonesia.

Soekapdjo, S., & Dewi, A. P. (2021). Potensi Pasar Pembiayaan KMF Purna BRI Syariah iB Dengan Akad Murabahah (Pendekatan Analisis SWOT). Jurnal Perspektif, 19(1), 11–16.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Ulum, F. (2014). Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 17(1), 33–59.

Wahono, R. M., & Masykuroh, E. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 156–172.

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Khaerunnisa, Nining Wahyuningsih, and Mohammad Iqbal. “Analisis Penerapan Inovasi Produk Dan Layanan Dalam Meningkatkan Daya Saing Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (July 24, 2024): 200–223. Accessed July 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2682.