Analisis Peran Layanan Perbankan Syariah Berbasis Tekhnologi Digital Pada Prilaku Sosial Ekonomi Masyarakat di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Authors

  • Egga Zakky Mubarok Universitas islam zainul hasan genggong
  • Abu yazid Adnan quthny Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Moh Abdurrahman Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Keywords:

Teknologi, Perilaku sosial ekonomi, Peran layanan

Abstract

Layanan teknologi bank BSI tidak kalah dengan lainnya, fitur lengkap ditambah penggunaanya yang mudah membuat namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni seperti tingkat resiko keamanan serta pengguna yang belom memahami akses fiturnya, karena kejahatan cyber dapat dilakukan kapan saja. danTujuan Penelitian yakni peneliti tertarik untuk mengkaji perilaku sosial ekonomi karena adanya perilaku yang dapat mengubah mahasiswa dalam mengelola keuangan mereka dengan satu aplikasi M-bangking serta tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pelayanan pelayanan teknologi pada perilaku social ekonomi masyarakat kampus Universitas Zainul Hasan Genggong, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif diskriftif, yakni metode yang menjelaskan dengan sebuah penggambaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta teknik analisis menggunakan kajian yang dikembangkan oleh Milles and Huberman. Penelitian ini berlangsung kurang lebih sebulan mulai dari observasi sampai penulisan isi. Hasil dari penelitian ini, 1). Kegunaan dan perilaku pengguna, dijelaskan bahwasannya pelayanan teknologi yang terdapat pda perbankan syariah membuat perilaku nasabah terpenuhi dengan transaksi yang dibutuhkan, 2). Kesesuaian dan pengaruh nasabah, kesusuaian yang ada pada fitur-fitur mbangking perbangkan syariah menjadi pengaruh kepada pengguna selanjutnya, karena akan berdampak positif dengan itu aka nada promosi sendiri dilakukan oleh nasabah penggunan m-bangking,3). Perilaku hedonik dan komsumtif, perilaku kesenangan dan daya berkumsi merupakan perilaku yang akan nasabah rasakan karena kemudahan yang diberikan akan membuat transaksi lebih mudah, dengan transaksi top-up atau isi ulang, mereka dapat berbelanja ke toko online dengan adanya fitur tersebut, 4). Dampak, dampak pelayanan teknologi ini membuat perilaku nasabah akan menjadi militan kepada bank, dan juga bank akan memiliki citra yang baik dengan memberikan pelayanan mengikuti alur zaman yakni bernuansa tekhnologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjaryani, A. (2023). PERAN E-COMMERCE BAGI KEBERLANGSUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BSI KCP CIREBON PLERED 2). Change Think Journal, 1(04), 415-421.

Dz, A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63–80.

Firdaus, A. S., & Sjahruddin, H. (2021). Pengaruh Dimensi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan E-Banking. Niagawan, 10(1), 10–20.

Fransiska, D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Fitur BRIS Online Pada BSI Kantor Cabang Kediri . Dalam Skripsi. IAIN Ponorogo.

Harahap, Z. (2020). Pengaruh Pelayanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 101-118.

Hasanah, R., & Susila, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Payment Point BSI Genggong Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pembayaran Biaya Pendidikan Mahasiswa FEBI UNZAH). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5174-5187.

Kasemin, K. (2019). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Miftahuddin, M., & Hendarsyah, D. (2019). Analisis Perbandingan Fasilitas Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Mandiri KCP. Bengkalis Dengan Bank Mandiri KC. Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 16–32

Rahman, M. A., Fadila, N., & Nuntupa, N. (2023). Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 4(1), 77-87.

Sinaga, A., Alam, A. P., Efendi, F., & Siddiq, F. (2021). Penggunaan Fasilitas E-Banking Dalam Minat Nasabah Studi Kasus Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Stabat. Journal Economy And Currency Study (JECS), 3(2), 10–23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta

Sutopo, Metode Penelitian Kualitatif, (Surakarta : UNS, 2006), 56-57

Syamsuri, S., Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Jamal, J. (2021). Analisis qanun (lembaga keuangan syariah) dalam penerapan ekonomi Islam melalui perbankan syariah di Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1705-1716.

WIDYANINGRUM, O. L. ANALISIS PENERAPAN SISTEM DIGITAL DITENGAH PERUBAHAN TEKNOLOGI PADA BANK SYARIAH INDONESIA DI KC KOTA KENDAL SKRIPSI.

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Zakky Mubarok, Egga, Abu yazid Adnan quthny, and Moh Abdurrahman. “Analisis Peran Layanan Perbankan Syariah Berbasis Tekhnologi Digital Pada Prilaku Sosial Ekonomi Masyarakat Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 5, no. 2 (July 24, 2024): 187–199. Accessed July 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/2690.