Pengaruh Aksesibilitas, Faktor Sosial Terhadap Kepercayaan Masyarakat pada Bank Syariah (Studi pada Masyarakat Pagar Dewa Kota Bengkulu)

Authors

  • Helvina Dia Nengsi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nurul Hak Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Evan Stiawan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51339/nisbah.v6i1.3565

Keywords:

Aksesibilitas, Faktor Sosial, Kepercayaan, Bank Syariah, Pendidikan

Abstract

Salah satu masalah spesifik yang dihadapi masyarakat Pagar Dewa adalah terbatasnya aksesibilitas terhadap layanan bank syariah, baik dari segi fisik, seperti jumlah cabang bank yang terbatas, maupun non-fisik, seperti kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai produk dan layanan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh aksesibilitas dan faktor sosial terhadap kepercayaan masyarakat pada bank syariah, dengan pendidikan sebagai variabel moderasi. Studi ini dilakukan pada masyarakat Pagar Dewa, Kota Bengkulu, yang memiliki karakteristik sosial dan ekonomi yang beragam. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas, faktor sosial, dan pendidikan secara signifikan memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah dengan kontribusi sebesar 82,9%. Aksesibilitas yang mencakup kemudahan lokasi, layanan digital, dan informasi memiliki dampak besar dalam meningkatkan rasa percaya masyarakat. Selain itu, dukungan sosial yang positif melalui keluarga serta komunitas lokal turut mendorong penggunaan layanan perbankan syariah. Bank syariah diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan serta memperluas jaringan layanan berbasis komunitas agar lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, Ahmad Fuad. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Bri Di Yogyakarta.” Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Bahari, Andi Faisal, and Muhammad Ashoer. “Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata.” Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi 5, no. 1 (2018): 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839.

Fahrurrozie, Rendra. “PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA - Sejarah Perbankan Syariah Di Dunia Dan Di Indonesia : Perjalanan Menuju Sistem Keuangan Yang Berkeadilan.” Perbankan Syariah Di Indonesia 978-623–81, no. November (2023): 36–52.

Palmer, Adrian. “Services Marketing.” The Business & Management Collection 2012, no. 1 (2012): e1003069. https://doi.org/10.69645/rykv3856.

Presiden Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.” Lembaran Negara Republik Indonesia, 1998, pasal 1 ayat 3.

Wilarjo, Setia Budhi. “Pengertian, Peranan, Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia.” Igarss 2014 2, no. 1 (2014): 1–5.

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Helvina Dia Nengsi, Nurul Hak, and Evan Stiawan. “Pengaruh Aksesibilitas, Faktor Sosial Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Pagar Dewa Kota Bengkulu)”. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 6, no. 1 (January 30, 2025): 150–167. Accessed February 18, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/nisbah/article/view/3565.