Manajemen Komunikasi Organisasi Sosial Keagamaan Sholawat Asma’ Badar di Kecamatan Glenmore Banyuwangi

Authors

  • Hamdan Yuwafik IAI Sunan Kalijogo
  • Ali Mursyid Azisi UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Manajemen, Komunikasi organisasi, Asma' badar

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang bagaimana manajemen komunikasi organisasi sosial keagamaan sholawat Asma’ Badar yang berlokasi di kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Organisasi sosial keagamaan memang merupakan media yang tepat dalam menjaga nilai-nilai keislaman supaya tidak terkikis oleh kemajuan zaman dan luntur esensinya di kalangan pemuda. Dengan serangkaian kegiatan keagamaan yang diamalkan seperti kegiatan sosial, kegiatan dzikir bersama, tahlilan, sholawatan dan lainnya, juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sebagaimana kewajiban bagi seorang muslim. Dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memilah data-data dalam artikel ini yaitu menggunakan langkah observasi/terjun lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Artikel ini penting kiranya untuk dikaji lebih mendalam, karena akan banyak menuai manfaat yang besar bagi banyak kalangan, terutama bagi masyarakat maupun sebagai contoh bagi organisasi keagamaan lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen dan  komunikasi organisasi sosial keagamaan Asma’ Badar di kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Dengan mengetahui bagaimana sistem manajemen komunikasi nantinya akan menjadi sebuah pengetahuan dan bisa menjadi rujukan bagi organisasi sosial keagamaan lain dalam menerapkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang banyak mengandung manfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

Yuwafik, H., & Ali Mursyid Azisi. (2023). Manajemen Komunikasi Organisasi Sosial Keagamaan Sholawat Asma’ Badar di Kecamatan Glenmore Banyuwangi. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–18. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/707