Analisis Efektivitas Keamanan dan Resiko Penggunaan Layanan ATM Cardless dalam Meningkatkan Kepuasan Transaksi Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang praktis dan aman khususnya dalam menghadapi maraknya kejahatan siber, inovasi layanan ATM Cardless yang diterapkan oleh BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan menjadi solusi baru untuk menjawab kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas keamanan dan resiko layanan ATM Cardless terhadap tingkat kepuasan nasabah, dengan mengacu pada lima dimensi SERVQUAL, serta mengkaji penerapan prinsip keamanan informasi melalui pendekatan CIA Triad (Confidentiality, Integrity, Availability). Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada karyawan dan nasabah, serta dokumentasi. Alasan pemilihan lokasi di BPRS Bhakti Sumekar cabang Pragaan didasarkan pada tingkat penggunaan layanan ATM Cardless yang cukup tinggi dan kesiapan infrastruktur digital perbankannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan ini memberikan pengalaman transaksi yang efisien, aman, dan mudah digunakan. Dari total 6.786.000 nasabah, sekitar 1.087.000 atau 16,02% telah memanfaatkan layanan ini tanpa mengalami kasus penyalahgunaan data atau kehilangan saldo. Selain kemudahan dalam bertransaksi, keamanan menjadi faktor utama yang meningkatkan kepercayaan nasabah. Layanan ini juga memenuhi kelima aspek SERVQUAL serta didukung sistem keamanan berlapis seperti PIN permanen, OTP, dan fitur pemblokiran otomatis. Layanan ATM Cardless berkontribusi besar terhadap kepuasan nasabah dan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan berbasis digital.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdul Majid Toyyibi. “Pemahaman Masyarakat tentang Perbankan Syariah Melalui Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah di Era Industri 4.0.” SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah 3, no. 01 (May 30, 2021): 33–40. https://doi.org/10.59636/saujana.v3i01.32.
- Affan, Nurul. Implementasi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Ahmadi, Fathor Rahman. Efektivitas Keamanan dan Risiko Penggunaan Layanan ATM Cardless, March 7, 2025.
- Ahmadi, Fathor Rahman. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Amitha Shofiani Devi, Khusnul Hotimah, Ramadhan Sakha A, Achmad Karimullah, and M. Isa Anshori. “Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas.” MASMAN : Master Manajemen 2, no. 2 (May 28, 2024): 66–78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2.387.
- Anwar, Muhammad Faizal. Efektivitas Keamanan dan Risiko Penggunaan Layanan ATM Cardless, March 7, 2025.
- Anwar, Muhammad Faizal. Implementasi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Dendeng, Gloria Natalia, Riane J Pio, and Sofia A P Sambul. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Banking Oleh Nasabah Bank BRI di Kota Manado.” Productivity 3, no. 6 (2022): 501–6. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/44966/40693.
- Dewi Elvita Sari, Anjur Perkasa Alam, and Diyan Yusri. “PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS DI DESABARU HINAI KABUPATEN LANGKAT).” EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah 3, no. 1 (June 22, 2022): 139–57. https://doi.org/10.56874/eksya.v3i1.739.
- Dewi, Ni Kadek Ayu Sucipta, and I Wayan Novy Purwanto. “PENGATURAN CONFIDENTIALITY AGREEMENT TERHADAP PERLINDUNGAN RAHASIA DAGANG.” Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum 6, no. 11 (2018): 1–19. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/42284.
- Dhanendra, Farkhan Nindyarayhan, and Ari Sujarwo. “Strategi Keamanan pada Sistem Bank Air Kami v2 menggunakan Trias CIA.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (2024): 1048–62. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9412/6530.
- Dianta, Indra Ava, and Edwin Zusrony. “Analisis Pengaruh Sistem Keamanan Informasi Perbankan Pada Nasabah Pengguna Internet Banking.” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi 3, no. 1 (February 1, 2019): 1. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i1.12125.
- Erianto, M Teguh. “Pengembangan Arsitektur Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk Anggota Koperasi pada Jaringan ATM Perbankan.” Jurnal Ilmiah KOMPUTASI 19, no. 2 (2020): 227–42. https://ejournal.jak-stik.ac.id/files/journals/1/articles/Vol19No2Jun2020/90/submission/proof/90-1-283-1-10-20200907.pdf.
- Faruq, Muhammad. Efektivitas Keamanan dan Risiko Penggunaan Layanan ATM Cardless, March 7, 2025.
- Faruq, Muhammad. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Faruq, Muhammad. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Gasperz, Jefry, Christina Sososutiksno, Marsya Ester, and Dominique Tibalia. “PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA BLUD RSUD DR.M.HAULUSSY).” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 08, no. 04 (2024): 1–19. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/16207/pdf.
- Harahap, Abdul Halim Harahap, Claresta Difa Andani, Angelia Christie, Divtyajeng Nurhaliza, and Ahmad Fauzi. “Pentingnya Peranan CIA Triad Dalam Keamanan Informasi dan Data Untuk Pemangku Kepentingan atau Stakholder.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital 1, no. 2 (April 29, 2023): 73–83. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i2.34.
- Hasanah, Hasyim. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8, no. 1 (January 5, 2017): 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.
- Heriyanto, Heriyanto. “Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif.” Anuva 2, no. 3 (November 22, 2018): 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.
- Huwaida, Hikmayanti, Sri Imelda, and Said Muhammad. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN M BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA CABANG BANJARMASIN.” JurnalINTEKNA 24, no. 1 (2024): 21–29. http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/issue/archive.
- Insiyah, Cici’, and Dewi Eka Wulandari. “Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Pertumbuhan Jumlah Rekening Tabungan di BPRS Bhakti Sumenkar KCP Ganding.” Masyrif : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 5, no. 2 (2024): 151–70. https://ejournal.unia.ac.id/index.php/masyrif/article/viewFile/1930/pdf.
- Iqbal, Muhammad, Asyari Hasan, and Iva Laili. “PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, MANFAAT, KEAMANAN, DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK BNI SYARIAH KOTA TANGERANG SELATAN).” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 7, no. 1 (2022): 333–57. http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i1.8854.
- Khotijah, Sitti Nur, M Cholid Mawardi, and Irma Hidayati. “Pengaruh Keamanan, Kenyamanan, Kualitas Layanan dan Fitur Aplikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Pengguna Mobile Banking.” El-Aswaq: Islamic Economic and Finance Journal 3, no. 2 (2022): 541–51. https://jim.unisma.ac.id/index.php/laswq/article/download/20539/15308.
- Laksono, Bayu Aji, and Fauzatul Laily Nisa. “Pemanfaatan Teknologi dalam Perkembangan Operasional Perbankan Syariah.” KAMPUS AKADEMIK PUBLISING Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonom 1, no. 3 (2024): 117–24. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i3.1580.
- Marlina, Lina, Ahmad Mundzir, and Herda Pratama. “CASHLESS DAN CARDLESS SEBAGAI PERILAKU TRANSAKSI DI ERA DIGITAL: SUATU TINJAUAN TEORETIS DAN EMPIRIS.” Co-Management 3, no. 2 (2020): 533–42. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/co-management/article/view/424/207.
- Meilani, Any, and Dian Sugiarti. “Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 3 (October 26, 2022): 2501. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6586.
- Mukhtisar, Mukhtisar, Ismail Rasyid Ridla Tarigan, and Evriyenni Evriyenni. “PENGARUH EFISIENSI, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI ULEE KARENG BANDA ACEH).” Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance. 3, no. 1 (May 24, 2021): 56. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632.
- MZ, Anisah. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 8, 2025.
- Nilamsari, Natalina. “MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF.” Wacana XIII, no. 1 (2014): 177–81. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143/88.
- Oktaviani, Sukma, and Nuhbatul Basyariah. “Analisis Manajemen Risiko Layanan Mobile Banking Pada Bank Syariah.” Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi 15, no. 1 (June 18, 2022): 29–34. https://doi.org/10.58431/jumpa.v15i1.183.
- Ompusunggu, Hermaya, and Poniman Poniman. “Studi empiris sistem pembayaran cashless dan cardless.” Owner 8, no. 2 (March 31, 2024): 1117–24. https://doi.org/10.33395/owner.v8i2.2037.
- Pardosi, Victor Benny Alexsius, Bernadete Deta, Fifto Nugroho, and Arnes Yuli Vandika. SISTEM KEAMANAN INFORMASI. Sumatra Barat: PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA, 2024.
- Prayuti, Yuyut. “Implikasi Risiko Transaksi Digital Terhadap Pengaduan Konsumen di Sektor E-Commerce: Tinjauan Strategi Nasional Perlindungan Konsumen 2024.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 10038–48. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.
- Putri, Rika Akana, and Fatana Suastrini. “PENGARUH FITUR TARIK TUNAI TANPA KARTU DAN FITUR QRIS PADA MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP EFISIENSI BERTRANSAKSI NASABAH STUDI PADA MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH ANGKATAN TAHUN 2021-2023.” Nusantara Hasana Journal 4, no. 9 (2025): 167–75. https://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/download/1328/1158/5057.
- Putri, Zizka Amelia, Achmad Fauzi, Bungaran Saing, Indah Wulandari, Siti Rahmah Nur Hasanah, Putri Ayu Shayekti Melani, Julia Veronika, and Alvito Dwi Wangsa. “Peran Manajemen Sekuriti pada CIA Triad.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 2, no. 3 (2024): 304–10. https://journal.csspublishing/index.php/ijm.
- Rahardjo, Budi. Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. Jakarta: PT Insan Infonesia, 2002.
- Rizky, M Sofatur, and Yani Aguspriyani. “TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH INDONESIA.” Mustari Neraca Manajemen, Ekonomi 3, no. 1 (2023): 1–5. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359.
- Samhudi. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 8, 2025.
- Satriyanti, Evi Okatviani. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN,KEPUASAN NASABAH DAN CITRA BANK TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUABIALAT DISURABAYA.” Joumal ofBusiness and Banking 2, no. 2 (2012): l7l-184. https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/download/172/123/501.
- Sitanggang, Andri Sahata, Suryani Lestari, Neng Cika Febrianti, Azka Az-zahra, and Marisha Nurazizah Fitriadi. “ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH PADA KEAMANAN TRANSAKSI PERBANKAN MELALUI MOBILE BANKING (M-BANKING).” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 9, no. 3 (2024): 1566–81. https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/23067/7928.
- Susanto, Is, Moh. Mukri, Moh. Bahrudin, and Hanif Hanif. “Efektivitas dan Risiko Penggunaan M-Banking pada Bank Syariah Indonesia Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan 3, no. 2 (October 25, 2022): 161–70. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.73.
- Syafriel, Harianto. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 7, 2025.
- Syafriel, Heriyanto. Efektivitas Keamanan dan Risiko Penggunaan Layanan ATM Cardless, March 7, 2025.
- Tarigan, Dearmelliani, and Kristoko Dwi Hartomo. “Evaluasi Keamanan Fitur Tarik Tunai Cardless pada Aplikasi BRImo Menggunakan PIECES.” AITI 19, no. 2 (November 3, 2022): 153–66. https://doi.org/10.24246/aiti.v19i2.153-166.
- Widiatedja, I Gusti Ngurah Parikesit. “Rekonstruksi Pengaturan Confiden Principle Bagi Komunikasi Pada Mediasi Sengketa Perdata di Indonesia: Studi Perbandingan Dengan Praktik di Amerika.” Pdjadjaran Julnal Ilmu Hukum 3, no. 1 (2016): 97–115. https://jurnal.unpad.ac.id/pjih/article/view/9336.
- Wiyanda Vera Nurfajriani, Muhammad Wahyu Ilhami. “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10, no. 17 (September 30, 2024): 826–33. https://doi.org/10.5281/ZENODO.13929272.
- Zainullah. Kepuasan Nasabah dalam Transaksi ATM Cardless, March 8, 2025.