Efektivitas Kinerja Kepemimpinan pada Pelayanan Nasabah di BMT NU Robatal Kabupaten Sampang Madura

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jasilah
Prayudi Kumala

Abstract

Pentingnya peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja karyawan agar termotivasi untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya agar memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada nasabahnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas kinerja kepemimpinan pada pelayanan nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun data penelitian ini bersumber dari wawancara tidak terstruktur dari pegawai maupun nasabah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kepemimpinan pelayanan pada nasabah yaitu memberikan bimbingan, arahan, masukan, dan pendampingan kepada karyawan. 2) sistem pelayanan pada nasabah yaitu mengawasi, mengontrol, dan memberikan solusi bagi nasabah saat terjadi permasalahan, 3) efektivitas kinerja kepemimpinan pada pelayanan nasabah yaitu intensifnya pendampingan kepada karyawan saat melaksanakan tugas yang berdampak pada pelayanan maksimal sehingga nasabah merasa aman, nyaman, dan puas terhadap palayanan yang diberikan oleh BMT NU. Adanya pemimpin dapat meningkatkan dan mempertahankan pelayanan nasabah, akan tetapi beberapa faktor yang harus dijadikan sebagai edukasi baik untuk pegawai dengan pemimpin maupun pegawai dengan nasabah di antaranya adalah faktor kepemimpinan, faktor personal atau individu, serta faktor sistem.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jasilah, & Kumala, P. (2025). Efektivitas Kinerja Kepemimpinan pada Pelayanan Nasabah di BMT NU Robatal Kabupaten Sampang Madura. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 140–152. https://doi.org/10.51339/iqtis.v7i1.3490

References

  1. Atmosoeprapto. Menuju SDM Berdaya Dengan Kepemimipinan Efektif Dan Manajemen Efisien. Jakarta: PT Alex Media Kumpotido, 2002.
  2. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
  3. Mileong. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012.
  4. Miles. Qualitative Date Alalysis A Methods Sourcebook, Edition 3. Terjemahan UI Press, n.d.
  5. Muhammad, Bahanan. “Analisis Kinerja KSPPS BMT NU Cabang Bondowoso Dengan Menggunakan Pendekatan Belenced Scorecard”. Jurnal I'THISOM: Ekonomi Syariah 1, no. 1 (April, 2022): 70. https://ejounral.staialutsmani.ac.id.
  6. Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Dan Birokrasi Catatan Kelima. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.
  7. Setiaman, Halawa dan Ayler Beniah Ndraha. “Analisis Pengeoptimalan Kepemimpinan Partisipatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan Dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Gunungsitoli". Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi 10, no. 3 (September-Desember, 2023): 1884. https://ejournal.unsrat.ac.id.
  8. Siagian. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  9. Syarifuddin, Eka Susilawati dan Ahmad Hamdi. “Pelayanan Islami Dalam Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Guluk-Guluk Sumenep”. Jurnal ILTIZAM: Ekonomi dan Keuangan Islam 1, no. 1 (Juli, 2023): 71. https://juornal.ibrahimy.ac.id.
  10. Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Pelayanan.
  11. Wibowo. Manajemen Dan Motivasi. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada, 2011.
  12. Zainun. Manajamen Dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara, 1989.