Pengaruh Perceived Quality dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Penggunaan Kosmetik Halal Mediasi Influencer Marketing (Studi Pada Perempuan Muslim Watampone)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Awalia Arsyad
Munawarah
Otong Karyono

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh perceived quality dan brand trust terhadap loyalitas konsumen, dengan Influencer Marketing sebagai mediator pada Perempuan Muslim Watampone menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data melalui distribusi kuesioner kepada 200 Perempuan Muslim di Watampone yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan bantuan perangkat lunak Smart-PLS 4. Temuan penelitian mengindikasikan pengaruh signifikan perceived quality dan brand trust terhadap loyalitas konsumen. Sementara itu influencer marketing tidak berperan dalam memediasi perceived quality dan brand trust terhadap loyalitas konsumen dalam penggunaan kosmetik halal. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada produsen tetap mempertahankan kualitas produk, terutama dalam aspek kesesuaian dengan standar halal, keamanan, dan efektivitas produk, serta meningkatkan daya tarik visual dan kemasan produk yang lebih inovatif dan informatif. Selain itu, transparansi dalam komunikasi merek perlu diperkuat melalui keterbukaan mengenai informasi bahan, proses produksi, dan sertifikasi halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Strategi pemasaran melalui influencer dapat dioptimalkan dengan selektif terhadap influencer kredibilitas tinggi dan pemahaman mendalam tentang kosmetik halal, serta menggunakan pendekatan yang lebih edukatif dalam menyampaikan informasi kepada konsumen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nur Awalia Arsyad, Munawarah, & Otong Karyono. (2025). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Penggunaan Kosmetik Halal Mediasi Influencer Marketing (Studi Pada Perempuan Muslim Watampone). Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 44–64. https://doi.org/10.51339/iqtis.v7i1.3672

References

  1. Abdullah, Karimuddin, Misbahul Jannah, Ummul Aiman, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Taqwin, Masita, Ketut Ngurah Ardiawan, and Meilida Eka Sari. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
  2. Agnes Maria Rosia Diana, Nurul Azizah. “Pengaruh Perceived Price, Perceived Quality, Dan Self Congruity Terhadap Costumer Loyalty Melalui Repurchase Intention Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Avoskin Di Shopee Mall).” COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting 7, no. 3 (2024): 6149–63.
  3. Aulia Putri, Maudina, and Puspita Chairun Nisa. “Pengaruh Komunikasi Merek, Citra Merek, Persepsi Kualitas Konsumen Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen.” Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship 03, no. 01 (2024): 135–46.
  4. Charolina Theresia Reza, and Indahwati. “Pengaruh Kepercayaan Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kusuma Surabaya).” PRAGMATIS:Jurnal Manajemen Dan Bisnis 5, no. 1 (2024): 1–8.
  5. Christian, Immanuel Daud, Misbahul Hayat, Arnolt Pakpahan, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Universitas Trisakti. “Pengaruh Brand Experiences Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Oleh Perceived Quality Dan Brand Trust Pada Konsumen Produk Olahraga” 3 (2023): 4607–20.
  6. Dewi Novita, Handry Sudiartha Athar, and Mujahid Dakwah. “Pengaruh Brand Reputation, Brand Trust Dan Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Emina Di Kota Mataram.” Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism 2, no. 2 (2022): 37–49.
  7. Fathoni, Muhammad Anwar, and Tasya Hadi Syahputri. “Potret Industri Halal Indonesia : Peluang Dan Tantangan” 6, no. 03 (2020): 428–35.
  8. Hantika, Sindi, Naili Farida, and Widiartanto Widiartanto. “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Produk Merek Wardah Di Kota Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 12, no. 1 (2023): 175–83.
  9. Lengkawati, Arti Sukma, and Taris Qistan Saputra. “Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut).” Prismakom 18 (1), no. 1 (2021): 33–38.
  10. Ontarina, Nuela. “Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Kartu Seluler Smartfren Di Universitas Wijaya Putra Surabaya.” Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online) 6, no. 7 (2022): 397–407.
  11. Safitri, Ina, and Ali Mauludi. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Emina Cosmetics Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Satu Tulungagung Angkatan Tahun 20218.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 2, no. 3 (October 30, 2022): 305–20.
  12. Setyowati, Fitri Aji, and Nurvita Trianasari. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah Di Indonesia.” E-Proceeding of Management 7, no. 1 (2020): 29–36.
  13. Sirait, Cristin Angelin, Maya Schatzi Shahira, Syukron, Zarqa Ananda Rakhman, Auryn Aizura Pasa Zaraya Siregar, Muhammad Rizky, Ramadhan Nasution, et al. “Pengaruh Penggunaan Influencer Sebagai Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di E-Commerce” 7, no. 4 (2024): 14890–96.
  14. Tuzzahra, Raniah, and Kurniawati. “Determinasi Loyalitas Konsumen Muslim Terhadap Pengguna Kosmetik Halal.” Jurnal Ekonomi Trisakti 3, no. 1 (2023): 561–72.
  15. Wirapraja, Alexander, Novi Tri Hariyanti, and Handy Aribowo. “Kajian Literatur Dampak Dan Pengaruh Digital Influencer Marketing Terhadap Perkembangan Strategi Bisnis.” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi 3, no. 1 (2023): 37–47.
  16. Yolanda, Rika, Wan Laura Hardilawati, and Hichmaed Tachta Hinggo. “Pengaruh Perceived Quality, Customer Relationship Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen.” Economics, Accounting and Business Journal 1, no. 1 (2021): 146–56.