Strategi Public Relation Dalam Menjalin Relasi Kekeluargaan Antar Stakeholder Di Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah Jawa Timur
Keywords:
Public Relation, Stakeholder, Relasi kekeluargaanAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi Public Relation dalam menjalin relasi kekeluargaan antar stakeholder di Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah Jawa Timur, dengan pokok masalah bagaimana strategi Public Relation dalam menjalin relasi kekeluargaan antar stakeholder, dan apa saja faktor penghambat serta pendukung dari strategi Public Relation. Dengan tujuan untuk mengetahui strategi Public Relation KAN Jabung Syariah Jawa Timur dalam menjalin relasi kekeluargaan antar stakeholder dan untuk mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung Public Relation dalam menjalankan stateginya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif dan peneliti sebagai instrument utama yang turun untuk mencari data, dalam pencarian data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada analisis data, penelitian ini memiliki alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa strategi Public Relation dengan selalu aktif dalam ber-media sosial, meningkatkan intensitas komunikasi, mengadakan pertemuan antar anggota, memilih dan memfilterisasi stakeholder prioritas dan mengadakan program kegiatan yang melibatkan dua stakeholder untuk menciptakan loyalitas anggota dan good image untuk perusahaan. Program yang disusun bukan hanya program yang berorientasi pada kepentingan perusahaan, melainkan KAN Jabung Syariah juga mengadakan program yang bersifat edukatif dengan mengedepankan kebutuhan anggota. Relasi yang tercipta antara karyawan dengan anggota terjalin dengan baik, namun relasi antara karyawan dengan karyawan masih belum optimal, sehingga diperlukan perbaikan dan pengembangan program untuk meningkatkan relasi kekeluargaan antara karyawan. Mengingat bahwasannya relasi kekeluargaan merupakan suatu jalan penting dan sangat efektif untuk menumbuhkan citra positif dan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan, sehingga Public Relation sebagai pemangku tanggung jawab atas hal tersebut perlu untuk memperhatikan dengan menyusun strategi untuk meningkatkan relasi kekeluargaan baik antara stakeholder eksternal maupun stakeholder internal. Faktor penghambat dari realisasi strategi Public Relation adalah belum adanya jadwal dari kegiatan atau program secara sistematis, dan faktor pendukung adalah kerjasama antar karyawan dan juga keramahan anggota.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosida, Diah, Alfian Adi Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.