Analisis Latar Belakang dan Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Islam

Authors

  • Ahmad Mubarok Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Latar Belakang Supervisi, Konsep dasar Supervisi

Abstract

Kemerosotan mutu Pendidikan semakin lama semakin terasa dan mulai menjadi topik yang banyak diperbincangkan akademis. Para Pendidik membutuhkan bantuan untuk memahami tujuan pendidikan, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional operasional (tujuan perilaku). Supervisi merupakan usaha memberi pelayanan agar guru menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas melayani peserta didik Kebutuhan supervisi saat ini didasarkan pada pola perlakuan yang kurang tepat terhadap guru, sehingga kita harus mengerti sejarah awal supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan proses KBM dan meningkatkan hasil belajar di masa depan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa latar belakang dan konsep dasar supervisi pengembangan mutu pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kepustakaan, Pengumpulan data untuk artikel ini dilakukan dengan mencari atau meneliti beberapa buku, jurnal dan dokumen baik dalam format cetak maupun elektronik, serta informasi atau sumber data lain yang relevan dengan kajian atau penelitian. Hasil dalam penelitian adalah Pengetahuan tentang latar belakang serta konsep dasar dalam pelaksanaan supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addini, A. F., Husna, et.al. Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9 (2), 179-186 , Agustus 2022

Doni Juni Priansa dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta 2014

Dr. Sulistyorini, M.Ag. dkk, Supervisi Pendidikan, Riau: DOTPLUS Publisher, 2021

Handiyat Soetopo dkk.. Kepemimpinan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina. Aksara 1998

Irmawati, “Persepsi Guru Terhadap Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Keterkaitannya Dengan Kinerja Guru SMPN 99 Jakarta” https://media.neliti.com/media/publications/112925-ID-persepsi-guru-terhadap-supervisi-oleh-ke.pdf (diakses pada 31 Maret 2023, pukul 09.37 WIB)

Muhammad Walid, Model Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Efektifitas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 kota batu, Laporan Penelitian, Malang: FITK UIN Malang 2015

Mulyasa E, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosda karya 2003

Muwahid Shulhan, Supervisi Pendidikan Teori dan Terapan Dalam. Mengembangkan Sumber Daya Guru, Surabaya: Acima Publishing 2012

Piet A. Sahertian dan Frans Mataheru, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional 2006

Supandi, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka 1996

Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003

Downloads

Published

03-12-2023

How to Cite

Ahmad Mubarok. “Analisis Latar Belakang Dan Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Islam”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 3, 2023): 228–242. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1048.