Manajemen Pemasaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Hubungannya dengan Brand Image Madrasah

(Penelitian pada Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung)

Authors

  • Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ambar Sri Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heny Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1284

Keywords:

Manajemen, Pemasaran, ICT, Brand, Image

Abstract

Abstrak. Era globalisasi yang ada di berbagai aspek kehidupan menjadi salah satu konsekuensi dari kemajuan teknologi yang mengakibatkan standar dari berbagai aspek kehidupan yang merujuk pada tuntutan perubahan zaman, begitupula dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan juga perlu peka pada berbagai perkembangan IPTEK serta tuntutan konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui manajemen pemasaran berbasis ICT di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung, untuk mengetahui brand image di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung, untuk mengetahui hubungan antara manajemen pemasaran berbasis ICT dengan brand image di Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 94 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran berbasis ICT mempunyai hubungan yang signifikan terhadap brand image madrasah, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya juga terdapat jenis hubungan variabel yang mengarah pada sifat positif dikarenakan angka person correlation sebesar 0,836 yang mana tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut maka hubungan kedua variabel adalah searah dan memiliki arti semakin tinggi manajemen pemasaran berbasis ICT maka semakin tinggi pula brand image madrasah. Kemudian koefisiensi determinasi (R square) yang diperoleh adalah sebesar 0,699 yang artinya kontribusi variabel manajemen pemasaran berbasis ICT terhadap brand image madrasah adalah sebesar 70%.

Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran, ICT, Brand, Image

 

Abstract. The era of globalization in various aspects of life is one of the consequences of technological progress which has resulted in standards in various aspects of life that refer to the demands of changing times, as well as in the world of education. Educational institutions also need to be sensitive to various developments in science and technology and consumer demands. This research is to find out ICT-based marketing management at the Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City, to find out the brand image at the Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City, to find out the relationship between ICT-based marketing management and brand image in Miftahul Huda Interactive Madrasah (MIMHa) Tsanawiyah Informatics Bandung City. This research used a descriptive method with a quantitative approach carried out on 94 students. The research results show that ICT-based marketing management has a significant relationship with madrasah brand image, with a significance level of 0.000 <0.05. Furthermore, there is also a type of variable relationship that leads to positive characteristics because the person correlation figure is 0.836, which does not have a (-) sign in this number, so the relationship between the two variables is in the same direction and means that the higher the ICT-based marketing management, the higher the madrasa brand image. Then the coefficient of determination (R square) obtained is 0.699, which means that the contribution of ICT-based marketing management variables to the madrasa brand image is 70%.

Keywords: Management, Marketing, ICT, Brand, Image

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahmat. “Manajemen Humas Sekolah” (Yogyakarta: Media Akademi, 2016), 56.

Fajri Dwiyama, “Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing” (Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,2019), 880-891.

Irawan. “Filsafat Manajemen Pendidikan Islam” (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019), 109-110.

Philip Kottler dan Kevin Lane Keller. “Manajemen Pemasaran” (Jakarta: Erlangga, 2019), 320.

Sani Anggraeni. “Strategi Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah" (Jurnal Ilmiah Promis,2022), 163-181.

Zainur Roziqin. ” Menggagas Competitive Advantage Melalui Branding Image Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo” (Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2018), 225-244.

Downloads

Published

02-12-2023

How to Cite

Zahra, Ambar Sri Lestari, and Heny Mulyani. “Manajemen Pemasaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Hubungannya Dengan Brand Image Madrasah: (Penelitian Pada Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MIMHa) Tsanawiyah Informatika Kota Bandung)”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 2, 2023): 170–181. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1284.