Penggunaan Sistem Daring dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belaja Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Prambon Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Authors

  • Munir SMP Negeri 1 Prambon

Keywords:

Penggunaan sistem daring, Motivasi, Prestasi belajar

Abstract

Motivasi siswa pada mata pelajara PAI pada materi meraih sukses dengan sikap Optimis, Ikhtiar dan Tawakkal di SMP Negeri 1 Prambon secara umum masih rendah, ditambah lagi situasi Pandemi Covid-19, pembelajaran yang tidak bisa memberikan pengawasan langsung pada siswa karena sistem daring sehingga menyebabkan prestasi belajar PAI yang dicapai oleh siswa belum sesuai dengan harapan. Peran guru sangat menentukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu, dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI , guru PAI dituntut lebih kreatif untuk melakukan inovasi dalam melakukan proses pembelajaran sistem daring, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.  Sistem Daring merupakan sistem pembelajarn dengan menggunakan jaringan dimana siswa dan guru tidak dalam 1 ruang yang sama dalam kegiatan pembelajarn. Dengan sistem tersebut maka diperlukan komitmen yang kuat baik dari guru, siswa dan orang tua sebagai pengawas langsung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Juga tidak lupa ketersedian alat komunikasi yang memadai dan kuota internet yang mencukupi sangat membantu kelancaran pelaksanaan pembelajaran dengan sistem daring tersebut. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada kendala maka pembelajaran dengan sistem daring juga akan mengalami persoalan, misalnya tidak tersedianya kuota internet yang cukup untuk mengakses materi yang disampaikan guru menjadikan siswa tidak bisa melangkah lanjutan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini , dari siklus 1 dan 2 mengalami kenaikan yang signifikan. Pada siklus 1 Ketuntasan belajar siswa 62,5 % di bawah kriteria keberhasilan   75 %. Motivasi belajar siswa 71,2 % dan keterlibatan siswa 67 % di bawah kriteri keberhasilan 75 %. Pada siklus 2, Ketuntasan belajar siswa 93,75 % % di atas kriteria keberhasilan 75 %. Motivasi belajar siswa 87,25 % dan keterlibatan siswa 78 % di atas kriteria keberhasilan 75 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem Daring dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Disarankan kepada guru PAI untuk menggunakan Sistem daring yag lebih kreatif dan inovatif modelnya demi peningkatan prestasi belajar siswa.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud, 2000. Pedoman Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta : Depdikbud

Dalyono, 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sumartono, 1971. Metodologi Pendidikan. Bandung : Bumi Aksara

Budi Sutarjo, 2001, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Intan Pariwara

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta Balai pustaka

Ibrahim bin Ahmad, 2002, Perkamusan Melayu Suatu Pengenalan. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka

Downloads

Published

02-12-2023

How to Cite

Munir. “Penggunaan Sistem Daring Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belaja Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Prambon Tahun Pelajaran 2020/ 2021”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 2, 2023): 205–213. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1306.