Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik di SDN Pucangsongo Pakis

Authors

  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i2.1311

Keywords:

Strategi Manajemen Kesiswaan, Karakter Disiplin

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan berhasil jika tujuan pendidikan tersebut telah tercapai, namun pendidikan di Negri ini masih jauh dari harapan pendidikan nasional. Diberbagai daerah masih sering ditemukan pelajar yang melanggar norma-norma sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis, karakter disiplin peserta didik di SDN Pucangsongo Pakis dan mendeskripsikan strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman  karakter disiplin peserta didik yang dilakukan di SDN Pucangsongo Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. informan yang digunakan adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Bagaimana manajemen kesiswaan di SDN Pucangsongo Pakis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan atau pembinaan kesiswaan dan evaluasi kesiswaan, karakter disiplin peserta didik yang tercipta melalui ketaatan dan kesetiaan dan Strategi manajemen kesiswaan dalam penanaman karakter disiplin peserta didik yaitu dengan memberi contoh secara langsung bagaimana sikap disiplin, pemberian buku pintar, kegiatan ekstrakurikuler dan pemeriksaan kehadiran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Nina. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Guru Di Min 9 Bandar Lampung” (2019).

Amin, Muhammad. “Manajemen Kesiswaan Untuk Pengembangan Diri Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru.” Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Syarif Kasim Riau (2021).

Aditya Aris Dwi Wicaksono, "Strategi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dalam Penanaman Nailai-Nilai Disiplin Siswa Di Smk Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul"(2018).Hal 4.

Ahmad Syukron Falah, Peran Guru Pai Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak Di Sd Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang, 2018, Hal 51.

Alya Salsabila, Amanda Nur Afifah, Shisy Yulia Cahyati, Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sdn Jelupang 01,2020.

Asnani. Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Smp Negeri 4 Awangpone Kabupaten Bone, 2021.

Atika, Resti. “Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Kelas X Sman5 Kepahiang” (2019).

Emice Maria, “Peran Pendidikan Agama Dan Moral Dalam Pendidikan Di Indonesia” (2019)

Fadhilah, Cut Rilma. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Min 22 Aceh Besar” (2021).

Fathurrahman, Muhammad. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Smp Kosgoro Tangerang” (2020).

Fatimah, St. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Pada Peserta Didik Di Smpn 53 Makassar” (2022).

Daryanto, "Miranda" (2018)

Fitri, Amalia Diana. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik Di Sdit Global Insan Madani” (2021).

Fitriyah, Ibanatal. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Annidhomiyah Kabupaten Pasuruan” (2018).

Fadillah Annisa, Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar, 2019.

Hamidiyah, Fitriana Putri. “No Titlestrategi Penanaman Karakter Disiplin Di Sd Muhammadiyah 9 ‘Panglima Sudirman’ Kota Malang Skripsi” (2018).

Hasan, Hafis. “Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Peserta Didik Dimts Al Washliyah 16 Perbaungan.” (2020).

Kartika, A Y U. Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu Skripsi, 2019.

Khairani, Liza Ayu, And Willem Iskandar. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Principal Leadership In Character Education Of Students In The Digital 4 . 0 Era” 1 (2022): 1–20.

Kholidin, Agus. “Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Di Smp Muhammadiyah 4 Metro Utara” (2017).

Lestari, Aprilia Dwi. Strategi Guru Kelas Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iii Di Sdn 99 Kota Bengkulu Skripsi, 2021.

Lestari, Eka. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Pusri Palembang” (2018).

Lubis, Mutiara Ramadani. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik Di Yayasan Mts Islamiyah Medan Skripsi” (2020).

M.Irhamunna’iem, Siti Khodijah, And Sofandi. “Strategi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dalam Penerapan Kedisiplinan Siswa Smp Plus Al- Ma ’ Arif Buntet.” Jurnal Al-Naqdu 1, No. 2 (2020): 1–9.

Magdalena, Ina, Romita Umayyah Hadi, Sarah Delilah, And Erika Puspita Dewi. “Strategi Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Negeri Cikokol 4.” Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah Volume 2, No. September (2020): 439–452.

Noviana, Risna, And Rini Rahman. “Strategi Sekolah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Peserta Didik Di Sd Negeri 01 Kinali” 1, No. 3 (2021).

Prastya, Rio. “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Prastya, Rio. ‘Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Jambi’ (2018).Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Irsyad Jambi” (2018).

Qomaruddin. “Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 20, No. 1 (2022): 75–98.

Rahayu, Nopia Sri. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di Mts Hamzanwadi Nw Gelogor Tahun Pelajaran” (2018).

Rohana. “Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Mas Teladan Ujung Kubu” (2021).

Sulastri. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung” (2022).

Susanto, Rahmat, M. Nasir Yusuf, And Alfiati Syafrina. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Pada Gugus 4 Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3 (2018): 142–152.

Wafi, Ahmad. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Manaratul Islam Cilandak Jakarta Selatan” (2017).

Downloads

Published

02-12-2023

How to Cite

Tyasmaning, Endang. “Strategi Manajemen Kesiswaan Dalam Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Di SDN Pucangsongo Pakis”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (December 2, 2023): 136–154. Accessed May 4, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/1311.