Implementasi Manajemen Program Kegiatan Madarasah Diniyah di Sekolah Menegah Atas Yayasan Sunan Kalijogo Jabung Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik

Authors

Keywords:

Madarasah diniyah, Pendidikan karakter, Yayasan sunan kalijogo

Abstract

Ekstrakurikuler menjadi kegiatan tambahan yang sangat berperan penting bagi siswa. Pelaksanaan penelitiaan ini bertujuan untuk memahami tentang implementasi fungsi manajemen kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA dan SMK Sunan Kalijogo Jabung, serta untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, sebab dalam penelitian ini lebih difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan dianalisa agar dapat dipahami secara komprehensif, sedangkan fenomena lainnya dijadikan sebagai perbandingan atau data tambahan untuk lebih mengakuratkan hasil penelitian. Penelitian berkaitan dengan manajemen kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan secara partisipasioner dengan menggunakan teknik catatan lapangan dan kamera sebagai alat dokumentasi. Sesuai dengan objek penelitian maka teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Untuk menjaga keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan dan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa: 1) adanya program kegiatan madarasah diniyah yang dilakukan oleh pihak sekolah pada setiap tahun ajaran, 2) adanya struktur organisasi pada kegiatan madarasah diniyah meliputi guru pengajar madin serta proses penyelenggaraan kegiatan madarasah diniyah yang dilaksanakan setiap hari di sekolah setelah jam pembelajaran formal berakhir yakni pada jam 12.30-13.45 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan jamaah Sholat Dhuhur di Masjid Kiai Nur Salim.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Endang Tyasmaning. “Implementasi Manajemen Program Kegiatan Madarasah Diniyah Di Sekolah Menegah Atas Yayasan Sunan Kalijogo Jabung Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (June 1, 2020): 1–14. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/133.