Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMAN Sugihwaras Bojonegoro Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Mokhamad Samsu SMAN Sugihwaras Bojonegoro

Keywords:

Kompetensi Guru, RPP, Bimbingan Berkelanjutan

Abstract

Artikel ini adalah hasil dari penelitian tindakan sekolah (PTS) yang sudah dilaksanakan di SMAN Sugihwaras Bojonegoro. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya motivasi dan kompetensi guru dalam menyusun RPP secara lengkap. Waktu penelitian dimulai Agustus sampai Oktober tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah para guru SMAN Sugihwaras yang berstatus PNS berjumlah delapan orang. Pelaksanaan PTS ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan dua hal. Pertama adalah bimbingan berkelanjutan yang dilakukan peneliti sekaligus kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi para guru SMAN Sugihwaras dalam menyusun RPP secara lengkap. Kedua adalah bimbingan berkelanjutan yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi guru SMAN Sugihwaras dalam menyusun RPP secara lengkap. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14% dari siklus pertama. Nilai rata-rata komponen RPP pada siklus pertama hanya 69% dan pada siklus kedua naik menjadi 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Mokhamad Samsu. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMAN Sugihwaras Bojonegoro Tahun Pelajaran 2017/2018”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (June 1, 2020): 71–84. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/137.