Studi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Direct Instruction Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Boyolangu
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v3i1.295Keywords:
Problem Based Learning, Direct Instruction,, Teknik Komputer dan JaringanAbstract
Model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, dan karakteristik siswa, membuat proses belajar mengajar tercapai dengan optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Data yang dipaparkan merupakan data tentang model pembelajaran yang masing-masing informan gunakan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung dengan notaben sekolah dengan prestasi tinggi terutama dijurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai rujukan untuk meningkatan kualitas Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan lainnya. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa 4 (empat) informan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan 1 (satu) informan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Sehingga model pembelajaran yang paling tinggi tingkat penggunaanya adalah yang adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan empat dari lima informan menggunakan model pembelajaran tersebut.