Komunikasi Persuasif dalam Konsep Promosi dan Citra Sekolah Terhadap Daya Pilih SMK Sunan Kalijogo Jabung
Keywords:
Komunikasi persuasif, Daya pilih, Promosi, Citra sekolahAbstract
Komuniasi persuasif memberikan pengaruh besar pada daya pilih sekolah. Hal ini disebabkan karena keputusan masyarakat tentang sekolah dipengaruhi oleh masalah promosi dan citra. Konsep tentang pengaruh komunikasi persuasif dalam promosi dan reputasi sekolah perlu dikaji karena dapat mempengaruhi keputusan dalam pemilihan sekolah. 114 responden yang mengisi kuesioner dan semua siswa SMK Sunan Kalijogo Jabung memberikan data untuk penelitian ini. Data penelitian kemudian dievaluasi secara kuantitatif dan deskriptif di SMK Sunan Kalijogo Jabung untuk mengetahui gambaran promosi, citra sekolah, dan keputusan memilih sekolah serta dampak promosi dan citra sekolah terhadap keputusan tersebut. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan SPSS, analisis deskriptif dilakukan dengan melihat nilai rata-rata dari setiap indikasi variabel penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di Sunan Kalijogo Jabung, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa H1 disetujui sedangkan H0 ditolak.Nilai t hitung 3,030 > t tabel (1,981) dan nilai signifikansi 0,003 <0,05 mendukung hal tersebut. 2. Di SMK Sunan Kalijogo Jabung, variabel citra sekolah berpengaruh baik dan cukup besar terhadap keputusan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa H2 disetujui sedangkan H0 ditolak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 7,311 > ttabel (1,981) dan nilai signifikansi 0,000< 0,05. 3. Variabel promosi dan citra sekolah berdampak pada pengambilan keputusan secara bersamaan. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 mendukung hal ini. Berdasarkan hipotesis di atas, pengaruh promosi dan citra sekolah terhadap pengambilan keputusan memiliki koefisien determinasi sebesar 0,711 atau persentase sebesar 71,1%. .
Downloads
References
Budiyatmo, Basuki, Ade Iriani, Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen, and Satya Wacana, ‘Membangun Citra Sekolah Berdasarkan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik’, 2022
Cresswell, J.W., V.L. Plano-Clark, M.L. Gutmann, and W.E. Hanson, ‘An Expanded Typology for Classifying Mixed Methods Research Into Designs: Advanced Mixed Methods Research Designs’, in Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research, 2003
Depdiknas, ‘Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003’
Ekawarna, Denny Denmar, Deanti Eka Wibawa, ‘Pengaruh Kualitas Layanan , Kepercayaan , Dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua Di SMP Islam AL-Falah Kota Jambi’, Ilmu Manajemen Terapan, 3.2 (2021),
Ghalib, Saladin, Latar Belakang, and Jurnal Bisnis, ‘Pengaruh Produk , Promosi , Orang , Dan Proses Terhadap Keputusan Orang Tua Dalam Memilih SMA Global Islamic Boarding School’, 2014
Haque-fawzi, Marissa Grace, Ahmad Syarief Iskandar, and Heri Erlangga, Strategi Pemasaran Konsep,Teori Dan Implementasi (BANTEN: Pascal Books, 2021)
Harys, ‘Penelitian Kuantitatif’, 2020 <https://www.jopglass.com/penelitian-kuantitatif/>
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2, PT Indeks (Jakarta, 2016)
Satriadi,Wanawir,Eka Hendrayani,Leonita Siwiyanti, Nursaidah, Manajemen Pemasaran, ed. by Moh Suardi (Yogyakarta, 2021)
Schiffman, Leon & Kanuk, Customer Behavior 7 Th Edition, PT Indeks (Jakarta, 2008)
Setiadi. N.J, Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran, Kencana (Jakarta, 2003)
Yayan Alpian, M.Pd., Sri Wulan Anggraeni, M.Pd., Unika Wiharti., Nizmah Maratos Soleha., ‘Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia’, (2019),
Zen, Eva Husnia Mahbub, ‘Pengaruh Promosi Pendidikan Terhadap Minat Peserta Didik Baru MAN 3 Banyuwangi’, Manajemen Pendidikan Islam, (2020)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lu’luul Ikhrimah, Gatut Setiadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.