Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 3 Tulungagung

Authors

  • Siti Mu’alifah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v3i1.300

Keywords:

Sarana, Prasarana, MAN 3 Tulungagung

Abstract

Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efesien. Prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun atau taman sekolah, jalan menuju ke sekolah, tata tertib sekolah, dan sebagainya.

Kegiatan manajemen sarana dan prasarana di MAN 3 Tulungagung yaitu meliputi: (1) Pengadaan, Adapun pada kegitan pengadaan barang di MAN 3 Tulungagung untuk memperoleh dananya yaitu dibantu oleh pemerintah dan sekolah tinggal meminta izin atau membuat proposal untuk memperoleh dana dan digunakan membeli barang yang dibutuhkan sekolah tersebut. (2) Penggunaan, Setelah dilakukaan pengadaan sarana dan prasarana selanjutnya barang digunakan secara maksimal dengan tujuan untuk menunjang pencapaian tujuan lembaga. (3) Pemeliharan, pemeliharaan barang yang dilakukan MAN 3 Tulungagung terhadap semua fasilitas yang ada disediakan anggaran sendiri. (4) Peniadaan/Penghapusan, dalam hal peniadaan, lembaga tidak begitu saja membuang atau menghapus barang-barang yang sudah rusak atau sudah tidak bisa terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-06-2021

How to Cite

Siti Mu’alifah. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN 3 Tulungagung”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (June 17, 2021): 52–67. Accessed July 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/300.