Penerapan Prinsip Efisiensi dan Transparansi dalam Pengelolaan Dana BOS: Implikasinya pada Mutu Pendidikan

Authors

  • Khoirul Anwar Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • M. Darul Fathoni Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Hufron Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v6i2.3568

Keywords:

Dana BOS, Efisiensi, Transparansi, Mutu Pendidikan, Madrasah

Abstract

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan instrumen strategis untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan, terutama di wilayah pedesaan dengan sumber daya terbatas. Namun, efektivitas program ini seringkali terkendala oleh kurangnya efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan Dana BOS di MIS Miftahul Ulum Taman serta dampaknya terhadap mutu pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari berbagai pemangku kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Dana BOS di MIS Miftahul Ulum melibatkan perencanaan terstruktur melalui Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM), penggunaan aplikasi teknologi, serta monitoring dan evaluasi berkala. Dampak positif meliputi peningkatan fasilitas pendidikan, kompetensi guru, dan prestasi siswa, meskipun masih terdapat kendala teknis seperti gangguan server dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Dana BOS yang efisien dan transparan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan, serta memberikan wawasan praktis dan teoretis untuk optimalisasi kebijakan pendidikan di madrasah serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis Zohriah1, Hikmatul Fauzjiah2, Adnan3, Muhammad shofwan Mawally Nafis Badri4. “Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah.” Jurnal Dirosah Islamiyah Volume 5 (2023): 704–13. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.5731.

Darmawan, Rina. “Education Financing Model Transformation to Build Education Accessibility Through Free School Fees at PKBM Golden” 2, no. 5 (2024): 755–67.

Darusman, Dita Mariska Candra, Diyah Santi Hariyani, Pinkan Amita Tri Prasasti, and Octarina Hidayatus Sholikhah. “Pelatihan Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Perhutani Di Saradan.” SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 12 (2023): 1283–88. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1105.

Dkk, Candra Wijaya. Membangun Pendidikan Berkualitas: Analisis Dan Inovasi Kebijakan. Malang: Litnus, 2024.

Inayah, Shorihatul, Toyyib, Elsina Sinombing, Wiranto Prasetyahadi, Imelda Virgula Wisang, Hadromi, Ifa Hidayah, et al. MANAJEMEN SEKOLAH Deskripsi Dan Tinjauan Kritis. Jawa Barat: CV. Edupedia Publisher, 2024.

John, Creswell W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Kemendikbud. Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS Tahun 2023. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2023.

Kusnanto, Najib, Agus Sukristyanto, and Achluddin Ibnu Rochim. “Relevance Of National Education Policies As An Effort To Improve The Quality Of Madrasah Tsanawiyah Education Services.” The Spirit of Society Journal 6, no. 2 (2023): 136–51. https://doi.org/10.29138/scj.v6i2.2210.

Lestari, Lidya, and Waizul Qarni. “Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.” VISA: Journal of Vision and Ideas 3, no. 1 (2022): 122–28. https://doi.org/10.47467/visa.v3i2.1268.

Nurlizai, Teuku Minjar, and Said Amirulkamar. “Management of School Operational Assistance Funds (Bos) at State Junior High School (SMP) Calang, Aceh Jaya Regency in 2020.” International Journal of Research in Social Science and Humanities 05, no. 02 (2024): 86–100. https://doi.org/10.47505/ijrss.2024.2.8.

Rahman, Taufiqur, Hurriyatul Ifadhah, Eva Zakiyatul Fakhiroh, and Ali Nurhadi. “EVALUATION MANAGEMENT THROUGH EDM APPLICATION IN PREPARING E-RKAM.” Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 December (2024): 41–57.

Rikza, Erik, and Aulia Sunardi. “Manajemen Keuangan Madrasah Dalam Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” At Tadbir: Islamic Education Management Journal 2, no. 2 (2024).

Romdoniyah, Dedih, & Aliyah. “Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Epistemic : Jurnal Ilmiah Pendidikan.” EPISTEMIC: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN 3, no. 1 Januari (2024): 131–52.

Sitorus, Ellen Rotua Basaria, Widiayati, Nurdiansari, Nurlelawati, and Uspandi Haryaka. “Analisis Kebijakan Pembiayaan Pendidikan Tingkat SMP Di IndonesiaTantangan Dan Strategi Penanganan.” Jurnal Pendas Mahakam 9, no. 1 (2024): 73–84.

Sugiarti, Diyar. “Bantuan Operasional Sekolah (BOS): Antara Aturan VS Implementasi Di Sekolah Dasar Negeri 1 Padaherang Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.” PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi) 5, no. 02 (2023): 64. https://doi.org/10.20527/pn.v5i02.7683.

Sundari, Eneng Eva, Risbon Sianturi, Sophia Choirotul Husniyyah, Dian Sudiana, and Nisa UI. “Effectiveness Of Utilization Of Gutter Fund-Based Bos Funds At Public Elementary School 2 Budiasih.” Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 8, no. 1 (2023): 127–32. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4091.

Downloads

Published

04-02-2025

How to Cite

Khoirul Anwar, M. Darul Fathoni, and Hufron. “Penerapan Prinsip Efisiensi Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Dana BOS: Implikasinya Pada Mutu Pendidikan”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (February 4, 2025): 319–329. Accessed February 23, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/3568.