Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Berkenaan dengan Keindahan Alam Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas 7E SMP Negeri 2 Beji Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021
Keywords:
Menulis Puisi, Keindahan Alam, Discovery LearningAbstract
Abstrak. Bahasa sebagai sebuah sistem makna yang diekspresikan dalam sistem sosial memiliki berbagai bentuk sesuai dengan perbedaan tujuan penggunaan bahasa dalam komunikasi. Untuk mengimplementasikan tujuan pembelajaran tersebut bahasa digunakan dan dipelajari secara nyata dalam komunikasi. Karena itu untuk menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam dipilihlah model discovery learning sebagai salah satu model yang dapat digunakan untuk mengembangkan penulisan puisi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model discovery learning dapat membantu siswa dalam keningkatkan kemampuan dan dapat memotivasi siswa untuk menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam dan mengetahui tingkat kesenangan siswa untuk belajar. Metode penelitian dilakukan secara langsung melalui observasi di SMP Negeri 2 Beji Kabupaten Pasuruan pada siswa kelas 7E semester genap tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus terbagi dala 2 kali pertemuan dengan menggunakan lembar tes untuk menjaring keberhasilan siswa dalam menilis puisi yang berkenaan dengan keindahan alam. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam serta dapat memotivasinya. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus pertama perata yang didapat adalah 72,92% dan 65,85% manjadi 86,49% dan 92,68%berarti ada kenaikan 13,57 % dan 26,83%. Inilah wujud peningkatan kemampuan dan motivasi dalam menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam pada siswa kelas 7e SMP Negeri 2 Beji Kabupaten Pasuruan.