Pendekatan Humanisme Religius Mbah Kiai Nur Salim Jabung dalam Pendidikan Islam

Authors

  • kholis anwari Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • M. Sholihun Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • M. Hadi Sutiyo Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang
  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v3i2.370

Keywords:

Pendekatan, Humanisme, Religius, Mbah Kiai Nur Salim Jabung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait pendekatan humanisme religius Mbah Kiai Nur Salim Jabung dalam pendidikan dasar islam. Humanisme religius merupakan bagian dari humanisme Islam (literer, religius, filosofis) yang bisa diimplementasikan dalam pendidikan dasar Islam. Dalam artikel ini, penulis menemukan humanisme religius Mbah Yai Nur Salim Jabung lebih relevan diterapkan dalam pendidikan dasar Islam karena lebih kontektstual, tidak mendewakan akal, ortodok, dan menekankan nilai tasawuf sesuai karakter religius dalam penguatan pendidikan karakter. Pemerolehan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pengambilan datanya diperoleh melalui teknik triangulasi. Tujuan pendidikan dasar islam berorientasi ukhrawi dan duniawi. Pendidikan Islam harus membentuk manusia seorang hamba yang taat kepada Allah dan membentuk manusia yang mampu menghadapi segala bentuk persoalan kehidupan dunia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-12-2021

How to Cite

anwari, kholis, M. Sholihun, M. Hadi Sutiyo, and Endang Tyasmaning. “Pendekatan Humanisme Religius Mbah Kiai Nur Salim Jabung Dalam Pendidikan Islam”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (December 13, 2021): 133–141. Accessed November 23, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/370.