Strategi Kepala Sekolah pada Kepemimpinan Transformatif dalam Meningkatkan Akademik Siswa MAN 4 Kebumen

Authors

  • Burhanudin Ata Gusman Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Farid Setiawan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Hoerotunnisa Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Istiani Nur Kasanah Universitas Ahmad Dahlan, yogyakarta
  • Titaniar Jaga Pramudita Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Keywords:

Kepemimpinan Transformatif, Prestasi Akademik, Strategi, Kepala Sekolah

Abstract

Kepala sekolah berpengaruh besar dalam permasalahan menurunya prestasi akademik, yang mana Kepemimpinan kepala sekolah yang trasnformasional dapat mengembangkan kemandirian dalam pelaksanaan pendidikan dengan proses penilaian yaitu nilai kejujuran, adil, mandiri, bekerja keras, melayani, peduli dan inovatif serta dapat merubah kondisi warga sekolah baik dari prestasi maupun budaya kebiasaan sekolah. Nilai-nilai tersebut digunakan untuk melandasi visi sekolah yang mengarah kepada keunggulan. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui sejauhmana sudut pandang dan strategi kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinan transformative sebagai salahsatu peran dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MAN 4 Kebumen. Kepala sekolah mejadi salah satu peran yang sangat penting dalam menentukan dan meningkatkan prestasi akdemik siswa. Kepala sekolah menpunyai sudut pandang bahwa prestasi akademik siswa menjadi visi misi sekolah MAN 4 Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-12-2021

How to Cite

Burhanudin Ata Gusman, Farid Setiawan, Hoerotunnisa, Istiani Nur Kasanah, and Titaniar Jaga Pramudita. “Strategi Kepala Sekolah Pada Kepemimpinan Transformatif Dalam Meningkatkan Akademik Siswa MAN 4 Kebumen”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (December 13, 2021): 142–162. Accessed December 27, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/372.