Study Pendidikan Prespektif M. Natsir

Authors

  • Waluyo STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Samsudin STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi

Keywords:

Pendidikan Islam, Non Dikotomi

Abstract

Pendidikan Islam bertransformasi seakan hanya befungsi sekedar tambal sulam saja. Maka tidak mengherankan, apabila pendidikan Islam disatu sisi masih saja mendapati tampilan yang sangat tradisional dengan tetap memakai baju lama (the old fashion), dan disisi lain kita juga mendapati tampilan pendidikan Islam yang relatif modern, terkesan matrealistik dan sekularistik. Adanya dualisme corak pendidikan islam yang kemudian menyulitkan integrasi paradigma antara ilmu agama dan ilmu umum.
Penelitian ini menfokuskan pada biografi peta intelektualitas M. Natsir dan sampai pada guru-gurunya kedua membahas bagaiamana pemikiran M. Natsir tentang pendidikan Islam. Dari dua hal ini bertujuan mendapatkan informasi terkait biografi dan alur berpikir M. Natsir tentang Pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penulisan library research buku M. Natsir, menjadi rujukan buku primer di samping itu buku lainnya yang membahas tentang biografi dan pemikiran M. Natsir sebagai rujukan skunder. Dalam menganalisis menggunakan pendekatan teori deduktif hipotesi di mana teori ini tersusun atas seperangkat proposisi hipotesis, kemudian dari hipotesis-hipotesis yang lebih tinggi ditarik serangkaian deduktif secara logis. Hasil yang di capai dalam tulisan ini biografi dan pikiran pendidikan Islam M. Natsir seperti yang digambarkan sebelumnya secara garis besarnya mencakup tentang ideologi pendidikan yaitu bertumpu kepada ajaran tauhid yang melahirkan pandangan terhadap pendidikan secara holistik non dikotomik, tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode yang harus disesuaikan dengan materi dan tujuan yang akan dicapai, hubungan guru dengan murid dalam pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-12-2021

How to Cite

Waluyo, and Samsudin. “Study Pendidikan Prespektif M. Natsir”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (December 17, 2021): 163–173. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/377.