Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Lembaga Pendidkan Formal Yayasan Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

Keywords:

Metode pembelajaran, Motivasi, SMP Sunan Kalijogo Jabung

Abstract

SMP Sunan Kalijogo Jabung merupakan sekolah menengah pertama yang berada di bawah naungan Yayasan Sunan Kalijogo Jabung. Dalam sistem pembelajaran sekolah ini telah menerapkan beberapa metode pembelajaran yang diselaraskan dengan tujuan dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari semua penerapan metode pembelajaran itu adalah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat dan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran yang secara langsung akan berdampak pada pengetahuan dan pemahaman siswa berkaitan dengan materi pembelajaran.

Metode penelitian yang diterapkan yakni untuk pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya penerapan metode pembelajaran yang tepat memberikan pengaruh dan dampak positif bagi hasil pembelajaran, sebab terdapat peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Sunan Kalijogo Jabung setelah dilakukan variasi metode pembelajaran. Setelah pelaksanaan siklus I diperoleh rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 55,08% dengan kualifikasi sedang, dan hasil kualitas pembelajaran sebanyak 60,49% siswa memiliki hasil tes di bawah 70. Setelah pelaksanaan siklus II, rata-rata motivasi dan kualitas pembelajaran meningkat menjadi 68,15% dengan kualifikasi tinggi dan 91 % siswa telah memperoleh nilai di atas 70. Penerapan metode yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-12-2019

How to Cite

Endang Tyasmaning. “Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidkan Formal Yayasan Sunan Kalijogo Jabung”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (December 13, 2019): 229–224. Accessed May 18, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/427.