Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.51339/akademika.v4i1.462Keywords:
Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu PendidikanAbstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepemimpinan Kepala madrasah dalam meningkatakan kinerja guru dan mutu pendidikan di MAN 4 Pandeglang? Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala madrasah dalam meningkatakan kinerja guru dan mutu pendidikan di MAN 4 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, jenis kualitatif deskriftif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam upaya mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 4 Pandeglang, dengan nara sumber dari kepala madrasah, wakil kepala, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah di MAN 4 Pandeglang sudah optimal. Dalam menjalankan kepemimpinannya Kepala madrasah memiliki sifat yang demokratis dalam memimpin anggotanya. Dalam menjalankan kepemimpinannya cukup bijaksana dan bertanggung jawab. Kinerja guru di MAN 4 Pandeglang belum optimal. Walaupun dari sisi perencanaan, hingga evaluasi pada akhir semester sudah dijalankan, namun, dari sisi sarana dan prasarana pembelajaran belum memadai untuk membantu guru dalam meningkatkan kinerjanya terutama kinerja dalam proses mengajar mengajar. Terkait Mutu pendidikan di MAN 4 Pandeglang sudah baik, dan ini dibuktikan dengan nilai akreditasi madrasah memiliki point A, namun perlu adanya peningkatan kompetensi pedagogik pada tenaga pendidik.