Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Sekolah SD/MI

Authors

  • Irwan Setia Budi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marno Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v4i1.464

Keywords:

Integrasi, Kurikulum Berbasis Karakter

Abstract

Dalam upaya menyusun/membuat, merancang kurikulum baru, memutakhirkan dan menyempurnakan kurikulum, melaksanakan kurikulum, dan mengelola kurikulum pendidikan dasar sekaligus mengembangkan kurikulum berbasis karakter. Pengendalian ini meliputi pemantauan dan evaluasi kurikulum, serta memodifikasinya. Pengembangan kurikulum harus didasarkan pada nilai-nilai agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Ke-18 nilai yang diturunkan dari empat pilar tersebut adalah: Religius, Kejujuran, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreativitas, Kemandirian, Kerakyatan, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Ramah/Komunikatif, Cinta Damai, Cinta pada sesama. Baca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irwan Setia Budi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Dalam upaya menyusun/membuat, merancang kurikulum baru, memutakhirkan dan menyempurnakan kurikulum, melaksanakan kurikulum, dan mengelola kurikulum pendidikan dasar sekaligus mengembangkan kurikulum berbasis karakter. Pengendalian ini meliputi pemantauan dan evaluasi kurikulum, serta memodifikasinya. Pengembangan kurikulum harus didasarkan pada nilai-nilai agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Ke-18 nilai yang diturunkan dari empat pilar tersebut adalah: Religius, Kejujuran, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreativitas, Kemandirian, Kerakyatan, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Ramah/Komunikatif, Cinta Damai, Cinta pada sesama. Baca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Irwan Setia Budi, and Marno. “Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Sekolah SD/MI”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 21, 2022): 50–62. Accessed November 5, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/464.