Pelaksanaan Pembelajaran Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kelas IIII di SDN 10 Sungai Sapih
Keywords:
Pendidikan Inklusi, Pelaksanaan Pembelajaran, GuruAbstract
Latar belakang yang akan dibahas dalam penelitian ini tentang pelaksanaan pendidikan inklusif yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana situasi di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah penyelengara pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif guna mendeskripsikan kondisi di lapanganapa adanya. Perolehan data dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDN 10 Sungai Sapih masih belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang belum mengayomi seluruh siswa di kelas terkait dalam penggunaan metode dan media pembejaran. Tujuan pembelajaran tidak dilakukan modifikasi sehingga siswa berkebutuhan khusus harus mengikuti pelajaran yang sama dengan siswa regular di kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masih belum sempurna ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran ,serta media pembelajaran.