Penanaman Nilai Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Galuh Dwi Purwasih STAI Badrus Sholeh Purwoasri Kediri

Keywords:

Pendidikan, Pondok Pesantren, Multikultural

Abstract

Tulisan ini akan mengetengahkan temuan-temuan penelitian tentang bagaimana sebuah lembaga pendidikan Islam, pesantren, berupaya untuk mengembangkan strategi dan model pendidikan yang berwawasan multikultural. Dengan argumentasi bahwa pendidikan multikultural harus didekati secara holistik atau whole-school, penelitian ini mencoba mengeksplorasi beberapa aspek penting dari pesantren seperti faham dan keyakinan akan multikulturalisme, kurikulum dan pembelajaran, visi dan kepemimpinan dalam upaya masing-masing untuk menerapkan prinsip-prinsip pendidikan multikultural yang kompleks. Pesantren yang diteliti ini menunjukkan visi yang kuat dan pemahaman yang unik terhadap multikulturalisme, namun masih harus membangun strategi dan program yang sesuai dan simultan bagi pencapaian tujuan. Salah satu wawasan yang bisa dicapai dari pendidikan di pondok pesantren adalah wawasan multikultural. Wawasan multikultural ini sejatinya memang sudah ada dalam Islam maka instansi pendidikan bernafaskan Islam menjadi baik untuk dijadikan implementasi dalam masyarakat. Dengan menggunakan metode etnografi, studi ini memberikan gambaran budaya dalam pondok pesantren terpraktiknya pendidikan multikultural. Pendidikan berwawasan multikultural ini adalah studi yang dilakukan di kabupaten Tulungagung yang terfokuskan di Kabupaten Tulungagung. Hal yang menjadi nilai saing ini adalah apa yang dibangun dalam pendidikan di pondok pesantren seperti kurikulum, strategi pembelajaran, dan budaya yang didapat dari pendidikan di pondok pesantren. Pondok pesantren adalah sebagai laboratorium bagi santri dalam pembentukan atmosfer yang masif sehingga ketika terjun dan disebarkan di masyarakat diharapkan generasi bangsa yang selanjutnya agar mereka aware dan bisa menghadapi kemajemukan sosial yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-12-2019

How to Cite

Galuh Dwi Purwasih. “Penanaman Nilai Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren Di Kabupaten Tulungagung”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (December 15, 2019): 123–149. Accessed May 21, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/51.