Manajemen Kurikulum Berbasis Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang

Authors

  • Endang Tyasmaning Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.691

Keywords:

Pondok Pesantren, Manajemen Kurikulum, Pembentukan Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perencanaan kurikulum berbasis pembentukan karakter di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang; 2) implementasi kurikulum berbasis pembentukan karakter di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimulai dengan mencoba memahami gejala-gejala yang mempengaruhinya dengan pikiran yang sangat terbuka untuk membentuk suatu interpretasi. Hasil penlitian ini: 1) perencanaan kurikulum pondok pesantren sunan kalijogo jabung malang dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran madrasah diniyah, menentukan tenaga pendidik serta badal pendidik di madrasah diniyah, menentukan materi yang difokuskan pada pengkajian gramatika arab serta menguasai kitab, dan menentukan peraturan/tata tertib pendidik dan peserta didik di madrasah diniyah; 2) Implementasi pembentukan karakter dilakukan dengan menerapkan pendidikan sistem boardingschool, mengutamakan penanaman kedisiplinan santri, dan mengamalkan suri tauladan pada santri serta diadakannya program dan kebijakan terkait pembentukan karakter santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Raudatul Jannah, Nurul Yakin, and Emawati Emawati. “Implementasi Pendidikan Karakter Santri Di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat.” JURNAL SCHEMATA Pascasarjana UIN Mataram 9, no. 2 (2020): 171–188.

Bukhori. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN SALAFIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN” 7, no. 2 (2018): 44–68.

Chandra, Pasmah, Nelly Marhayati, and Wahyu. “Pendidikan Karakter Religius Dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 02 (2020): 111–132.

Ihsan, Zainul, and Chusnul Muali. “Manajemen Kurikulum Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.” MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management 2, no. 2 (2020): 123–135.

Islam, Fakultas Agama, Universitas Islam Makassar, Universitas Islam, and Negeri Alauddin. “Pengaruh Kurikulum Dan Iklim Pesantren Terhadap Akhlak Santri Pondok Pesantren DDI Kaballangang” 3, no. 2 (2021): 101–112.

Istifadah, Eviatul, Suhartono, and H. Mu’arif. “Peran Pendidikan Madrasah Diniyah Ula Dalam Membentuk Karakter Santri.” Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2020): 1–10.

Rahman, Zainor. “Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Iain Jember 2020” (2020).

Siti hazliah humairoh. “Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Khiorot Pagelaran Malang” (2019).

Muhlas, Muhlas, and Riayatul Husnan. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pesantren Di Jawa Timur.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 3, no. 2 (2021): 277–294.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren

ZULMIADI, M. “STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN.” مجلة جامعة كركوك للدراسات الانسانية 7 (2018): 1–25.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Endang Tyasmaning. “Manajemen Kurikulum Berbasis Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Jabung Malang”. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (June 10, 2023): 91–101. Accessed May 17, 2024. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/691.